Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Rofifah

Aisyah Rofifah

Perilaku Hidup Sehat

Diperbarui: 3 Maret 2022   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dalam kehidupan, hidup bersih sangatlah penting. Apalagi dalam masa-masa pandemi seperti ini masyarakat diharapkan tidak hanya terhindar dari infeksi virus Corona saja, tapi juga berbagai penyakit berbahaya lainnya. Ini karena pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat sejatinya merupakan cara kita dalam menyayangi dan merawat tubuh sehingga tubuh dapat tetap fit dan bugar tanpa adanya keluhan penyakit. Perilaku hidup bersih banyak sekali macamnya, mulai dari kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, membuang sampah sekecil apapun pada tempatnya, menggunakan air bersih dan menjaga air tetap bersih, menggunakan toilet yang   bersih dan terjaga kebersihannya, membasmi tempat bersarangnya nyamuk, serta memelihara kesehatan tubuh sendiri dengan menjaga pola makan dan makan makanan yang bergizi seimbang.

Pada tanggal 11 Januari 2022 hingga 24 Februari 2022 mahasiswa UIN Walisongo melaksanakan KKN MIT DR ke 13. KKN mandiri kali ini dilakukan dirumah masing-masing dengan pembagian kelompok yang sudah ditentukan oleh pihak mahasiswa sendiri. Walaupun kegiatan KKN mandiri kali ini dilakukan dari rumah masing-masing, mahasiswa tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga kebersihan pada lingkungan maupun diri sendiri. Para mahasiswa pada saat 

KKN dimulai dengan kegiatan membersihkan lingkungan sekitar rumah dan pekarangan rumah, seluruh anggota kelompok kami yaitu kelompok 34, telah menerapkan kegiatan tersebut demi menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari.

Di Hari-hari selanjutnya kami melakukan kegiatan proker KKN dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan mencuci tangan dengan air mengalir, menggunakan sabun dan tidak lupa untuk selalu menggunakan masker pada saat kegiatan dan keluar dari rumah. 

Dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut mahasiswa KKN akan tetap terjaga kesehatannya walaupun melakukan kegiatan disekitar rumah yang memiliki potensi sangat besar terkena penyakit, karena pada saat kegiatan KKN dari rumah, kita mahasiswa tetap bertemu dengan warga sekitar untuk sekedar berinteraksi maupun melakukan kegiatan bersama warga sekitar dengan memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jarak minimal 2 meter untuk menghindari kontak langsung dengan warga sekitar.

Demi menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mahasiswa KKN kelompok kami juga dihimbau untuk membawa dan menggunakan handsanitizer ketika melakukan kegiatan disekitar rumah. Handsanitizer digunakan ketika kita tidak menemukan air disekitar kita dan kita ingin mencuci tangan, handsanitizer dapat digunakna sebagai pengganti air sementara, namun apabila ada air disekitar kita, harusnya kita tetap menggunakan air mengalir tersebut untuk mencuci tangan.

Untuk menjaga lingkungan disekitar rumah dalam kegiatan KKN dari rumah memiliki sangat banyak manfaat, diantaranya adalah kita terhindar dari berbagai penyakit yang menular maupun tidak menular. Kemudian menjaga lingkungan tetap bersih juga dapat meningkatkan produktivitas kita sendiri, karena kita melakukan kegiatan KKN dari rumah, tentulah sangat diperlukan mobilitas yang tinggi walaupun sedang di rumah, dengan menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan, kita dapat melakukan kegiatan tersebut dengan lancar dan semangat, dan tidak takut dengan tertularnya penyakit, dikarenakan lingkungan sekitar sudah bersih dan sehat terhindar dari segala penyakit. Perilaku hidup bersih dan sehat juga menjadikan rumah kita sebagai tempat tinggal yang layak huni, nyaman, serta terbebas dari sumber penyakit.

Menjaga kesehatan diri sendiri juga diperlukan agar kita dapat melakukan kegiatan KKN dari rumah dengan lancar. Menjaga kesehatan diri sendiri dapat dilakukan dengan cara selalu mencuci tangan sebelum makan, kemudian memakan makanan yang bergizi seimbang seperti sayuran dan buah-buahan. Dalam era pandemi seperti ini kita diperlukan menjaga imunitas tubuh kita dengan memakan buah-buahan yang berkhasiat dan sayur-sayuran yang memiliki banyak vitamin. Susu juga diperlukan untuk tubuh kita dalam menjaga kesehatan dan imunitas dalam tubuh. 

Tidak lupa juga, ketika pagi hari sebelum melakukan kegiatan KKN dari rumah, kami Mahasiswa UIN Walisongo melakukan kegiatan berjemur dipagi hari dari rumah masing-masing, karena sinar matahari dipagi hari dipercaya dapat memembantu meningkatkan imunitas tubuh kita dan cahaya matahari juga baik untuk tulang, karena cahaya matahari dipagi hari mengandung vitamin D.

Selain makan makanan sehat dan bergizi, kita juga menjaga tubuh kita dengan rajin berolah raga dipagi hari, membiasakan diri untuk beraktivitas fisik secara rutin juga menandakan kita menjalani pola perilaku hidup bersih dan sehat. Udara dipagi hari juga sangat baik bagi paru-paru dikarenakan udara pagi masih bersih dan belum tercemar polusi udara yang sangat kotor yang mengandung CO2. Tumbuhan-tumbuhan dipagi hari menghasilkan banyak sekali Oksigen, oleh karena itu udara dipagi hari sangat cocok untuk berolah raga dan kesehatan paru-paru kita. Dengan berolahraga 30 menit sehari, kita dapat menjaga kebugaran tubuh kita dan mencegah datangnya penyakit kedalam tubuh kita.

Bukan hanya untuk diri sendiri, namun kegiatan diatas juga ditujukan untuk warga sekitar rumah. Mahasiswa kelompok kami juga melakukan himbauan -- himbauan kepada warga sekitar baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam bentuk tulisan kita membuat pampflet -- pampflet pesan kemasayarakatan yang menghimbau masyarakat disekitar rumah masing-masing untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari membiasakan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan menggunakan sabun supaya tetap bersih dari kuman dan bakteri, kemudian membuang sampah pada tempatnya, dan melakukan rutinitas dengan menyapu pekarangan masing -- masing rumah supaya tetap bersih sehingga terhindar dari bakteri maupun kuman serta sarang nyamuk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline