Komunikasi Bisnis : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran gagasan, pendapat informasi antara individu, kelompok, atau organisasi yang dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti menyampaikan pesan, memecahkan masalah, atau mengambil keputusan, komunikasi ini dapat terjadi secara lisan, tertulis, maupun non-verbal, melalui berbagai media, baik itu email, rapat, laporan, ataupun presentasi.
Jenis-Jenis komunikasi bisnis
1. Komunikasi Internal
Komunikasi internal merupakan interaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Sehingga, komunikasi ini hanya melibatkan anggota internal dari perusahaan tersebut, seperti bertukar gagasan secara langsung, atau juga telepon dan email.
2. Komunikasi Eksternal
Berbeda dengan sebelumnya, komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang terjadi dengan pihak luar, seperti bersama mitra, pelanggan, vendor, dan lain-lain. Namun, tidak seperti dalam tingkat internal, komunikasi eksternal cendrung bersifat lebih kompleks serta kurang teratur.
3. Komunikasi Vertikal
Jika komunikasi internal tidak memperhatikan tingkatan, maka kontak yang dilakukan vertikal ialah sebaliknya. Dalam hal ini, komunikasi dalam perusahaan terjadi secara timbal balik antar tingkatan saja. Misalnya, komunikasi antara direksi tanpa mengikutsertakan bawahan.
4. Komunikasi Horizontal