Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Rahma

Mahasiswa

Apa Itu Komunikasi Bisnis?

Diperbarui: 13 November 2024   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi Bisnis : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran gagasan, pendapat  informasi antara individu, kelompok, atau organisasi yang dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti menyampaikan pesan, memecahkan masalah, atau mengambil keputusan, komunikasi ini dapat terjadi secara lisan, tertulis, maupun non-verbal, melalui berbagai media, baik itu email, rapat, laporan, ataupun presentasi.

Jenis-Jenis komunikasi bisnis 

1. Komunikasi Internal

Komunikasi internal merupakan interaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Sehingga, komunikasi ini hanya melibatkan anggota internal dari perusahaan tersebut, seperti bertukar gagasan secara langsung, atau juga telepon dan email.

2. Komunikasi Eksternal

Berbeda dengan sebelumnya, komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang terjadi dengan pihak luar, seperti bersama mitra, pelanggan, vendor, dan lain-lain. Namun, tidak seperti dalam tingkat internal, komunikasi eksternal cendrung bersifat lebih kompleks serta kurang teratur.

3. Komunikasi Vertikal

Jika komunikasi internal tidak memperhatikan tingkatan, maka kontak yang dilakukan vertikal ialah sebaliknya. Dalam hal ini, komunikasi dalam perusahaan terjadi secara timbal balik antar tingkatan saja. Misalnya, komunikasi antara direksi tanpa mengikutsertakan bawahan.

4. Komunikasi Horizontal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline