Lihat ke Halaman Asli

aisyah putri ramadhani

Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Sosialisasi "Stop Bullying"pada Siswa-siswi Kelas 7 dan 8 SMPN 8 Surabaya

Diperbarui: 19 Juni 2024   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pribadi 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi guna menjadi salah satu cara pengabdian diri bagi mahasiswa di masyarakat untuk menerapkan ilmunya. Mahasiswa berpartisipasi aktif dengan terjun ke lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan akademik. Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Aisyah Putri Ramadhani 1512100234 fakultas psikologi semester 6 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Drs. Suroso, M. S., Psikolog melaksanakan KKN bertempat di SMPN 8 Surabaya.

Foto Pribadi

Dalam menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan melakukan penyuluhan yang berjudul Sosialisasi "Stop Bullying" Pada Siswa -- Siswi SMPN 8 Surabaya yang dilakukan di Aula Lantai 4 SMPN 8 Surabaya. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 hari, pada tanggal 06 Mei 2024, peserta merupakan siswa -- siswi kelas 7A hingga 7 Terbuka dan pada tanggal 07 Mei 2024, peserta merupakan siswa -- siswi kelas 8A hingga 8 Terbuka. Kegiatan ini dimulai pada pukul 12.45 sampai 14.25 WIB.

Foto Pribadi

Adanya Sosialisasi "Stop Bullying" Pada Siswa -- Siswi SMPN 8 Surabaya guna untuk mencegah dan mengurangi adanya tindak bullying yang ada dilingkungan sekolah agar lingkungan sekolah menjadi lebih aman dan nyaman bagi siswa. Materi yang disampaikan adalah pengertian bullying, faktor penyebab bullying, jenis -- jenis bullying, dampak dari terjadinya tindak bullying pada korban, dan upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

Foto Pribadi

Penyampaian materi menggunakan Power Point dan poster yang ditempelkan dimading sekolah untuk menambahkan pemahaman siswa tentang tindak bullying. Setelah penyampaian materi dilakukan, terdapat diskusi dan tanya jawab dengan siswa -- siswi dan bagi siswa/siwi yang berani bertanya diberikan hadiah. Terdapat pre test dan post test yang diberikan dalam bentuk google form untuk memastikan siswa -- siswi paham terhadap materi yang telah disampaikan. Hasil post test yang telah dikerjakan oleh siswa -- siswi menunjukkan peningkatan dibanding hasil pre test artinya siswa -- siswi memahami apa yang telah disampaikan.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline