Lihat ke Halaman Asli

Peran Pemuda Desa Gunung Saren Kidul dalam Mengisi Kemerdekaan RI ke 79

Diperbarui: 5 September 2024   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dokumentasi jalan sehat Anggita 28 tahun 2024)dokpri

Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan Indonesia sangat besar, karena pemuda merupakan agen perubahan dan generasi penerus bangsa. Peran pemuda secara akademik dapat dibuktikan dengan berprestasi, aktif mengikuti kegiatan di sekolah/kampus, dan juga menyalurkan bakat minatnya dalam hal yang positif. Selain peran pemuda secara akademik, pemuda juga harus dapat berperan di masyarakat dalam mengisi kemerdekaan. Pada umumnya pemuda yang tergabung dalam karang taruna mengisi kemerdekaan dengan mengadakan berbagai kegiatan untuk masyarakat di wilayahnya. 

Kegiatan tersebut beragam bisa dengan mengadakan lomba anak-anak, pelaksanaan upacara, jalan sehat, malam tirakatan, dan lain sebagainya. Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menambah jiwa nasionalisme serta patriotisme masyarakat, menambah keakraban antar masyarakat, dan juga sebagai ajang kolaborasi masyarakat dengan para pemuda.

Kegiatan yang beragam itu juga dilakukan oleh karang taruna di desa saya yaitu Anggita 28 desa Gunung Saren Kidul yang merupakan dalah satu desa yang ada di wilayah akbupaten Bantul, Yogyakarta.  Kegiatan yang diadakan Anggita 28 pada kemerdekaan RI tahun ini yaitu mengadakan lomba untuk anak-anak dan jalan sehat. 

Persiapan kegiatan sudah dimulai sejak awal bulan Agustus dengan pembentukan panitia pelaksana guna memudahkan pelaksanaan kegiatan secara terstruktur. Dengan dibentuknya kepanitiaan juga melatih pemuda untuk bisa bekerja dalam tim, leadership, public speaking, dan juga meningkatkan rasa percaya diri.

Serangkaian kegiatan diawali dengan pemasangan bendera-bendera di wilayah desa pada minggu pertama bulan Agustus. Selain itu, para pemuda juga melakukan penyebaran proposal permohonan dana guna menyukseskan serangkaian acara peringatan kemerdekaan ini. Pada minggu pertama juga dilakukan penyebaran informasi terkait serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.

(dokumentasi lomba anak-anak)dokpri

Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu lomba anak anak pada 11 Agustus 2024 di lapangan desa. Jenis perlombaan yang diadakan antara lain, makan kerupuk, lari balon, kait galon, dan mengeluarkan bola dari kardus. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak di desa Gunung Saren Kidul RT 70 & 71 mulai dari jenjang TK hingga sekolah dasar. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga menjelang sore. 

Anak anak antusian mengikuti berbagai jenis perlombaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah jiwa patriotisme anak anak akan perjuangan mendapatkan sesuatu yaitu kemenangan dalam perlombaan dan juga meningkatkan rasa percaya diri anak anak untuk berkompetisi.

Kagiatan selanjutnya yaitu jalan sehat bersama masyarakat RT 70 & 71 yang berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2024. Satu hari sebelum pelaksanaan jalan sehat, para pemuda melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan area desa yang akan digunakan untuk acara jalan sehat. Kegiatan jalan sehat dimulai dari pukul 06.00 hingga siang hari. Kegiatan ini ramai diikuti warga masyarakat mulai dari anak anak hingga lansia. Kegiatan diawali dengan jalan bersama yang dimulai dari titik kumpul dan berakhir kembali pada titik yang sama. 

Kemudian setelah sampai titik finish para warga menikmati sarapan yang telah disediakan. Setelah itu para warga mengikuti serangkaian acara yaitu pembagian dorprize dan hadiah lomba. Tak lupa sebelum pembagian dorprize, para warga juga menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya sebagai wujud peringatan hari kemerdekaan RI. Para warga sangat antusias mengikuti kegiatan jalan sehat ini, karena selain dapat menyehatkan badan, kegiatan ini juga sebagai ajang menambah keakraban antar warga masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline