Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Putri

Mahasiswa

Financial Technology

Diperbarui: 10 Agustus 2024   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

FINANCIAL TECHNOLOGY

Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini memberikan dampak yang begitu besar kepada Masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Teknologi memudahkan setiap insan dalam memperoleh informasi dan melakukan transaksi. Sebagai contoh, kita dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa tatap muka  di berbagai aplikasi pada ponsel. Hal tersebut merupakan salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang keuangan.

Teknologi keuangan atau Financial Technology (FINTECH) merupakan sebuah inovasi yang dikembangnkan oleh Perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang keuangan sebagai alternatif untuk mengakses layanan jasa keuangan yang lebih efektif, efisien dan ekonomis.

Fintech berdampak besar dalam peningkatan ekonomi negara, adanya peningkatan ekonomi maka taraf hidup Masyarakat juga meningkat. Fintech juga mampu menjangkau Masyarakat yang sebelumnya tidak dapat dijangkau oleh Perusahaan atau perbankan konvensional sehingga banyak Masyarakat yang begitu tertarik dengan inovasi tersebut. Beberapa financial technology yang digemari oleh masyarakat antara lain :

  • Mobile Banking

Salah satu teknologi keuangan yang saat ini banyak dipakai oleh Masyarakat ialah mobile banking. Sebelumnya Masyarakat menabungkan dan melakukan transaksi pada uang mereka di Perusahaan perbankan dengan mengunjungi bank atau mesin ATM serta perlu mengantre. Bagi Sebagian orang yang memiliki jam kerja padat  hal itu memakan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika hanya sekedar untuk transfer ke rekening lain. Dengan adanya Fintech ini transaksi yang awalnya memakan cukup banyak waktu menjadi lebih praktis dan memudahkan urusan mereka.

  • Digital Payment System

Digital payment system merupkan financial technology yang menyediakan jasa pembayaran berbagai macam tagihan seperti tagihan Listrik, tagihan Air atau PDAM, Asuransi, pulsa, Pajak, dan tagihan belanja di E-Commerce.

  • Crowdfunding

Financial technology juga dapat menjadi salah satu wadah untuk inifiatif kita menyalurkan uang dalam program peduli sosial atau donasi kepada Lembaga yang dipedulikan, contoh financial technology crowdfunding di Indonesia adalah program kitabisa.com


  • Microfinancing

Microfinancing ialah layanan financial technologi yang memberikan pelayanan pinjaman kepada Masyarakat menengah dan bawah yang tidak memiliki akses pada perbankan konvensional. Pendanaan atau pinjaman yang diberikan suatu Perusahaan kepada Masyarakat dipergunakan untuk modal membuka usaha serta mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Fintech begitu berperan penting untuk Masyarakat di masa ini, karena sifatnya yang efektif, efisien, dan ekonomis serta mampu menjangkau berbagai khalayak Masyarakat. Fintech juga memberikan berbagai inovasi baru untuk meningkatkan ekonomi dengan membantu menyediakan lapangan kerja bagi Masyarakat yang kesulitan memperoleh kerja. Peningkatan fintech juga memiliki beberapa dampak buruk  misalnya, dimanfaatkan untuk melakukan pinjaman online dengan bunga yang begitu besar, serta disalahgunakan untuk penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dan tetap bijak dalam memanfaatkan teknologi terutama dalam bidang keuangan agar teknologi yang sudah kita peroleh dapat kita rasakan manfaatnya secara optimal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline