Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Rosida

Mahasiswi

Manga Kissa: Perpustakaan Manga Rasa Kafe

Diperbarui: 11 Oktober 2024   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Japan-guide.com

      Manga Kissa (マンガ喫茶) atau dalam bahasa Indonesianya kafe manga, kalian mungkin sering mendengar ataupun melihatnya di media sosial mau itu bentuk video maupun postingan foto berwisata. Manga kissa ini adalah sebuah kafe yang menyediakan fasilitas untuk membaca manga sepuasnya, manga sendiri adalah komik Jepang dan Kissa itu berasal dari kata kissaten(喫茶店) yang artinya kafe. Manga kissa hampir seperti perpustakaan yang dijadikan satu dengan kafe, sebuah tempat untuk menikmati minuman sembari membaca manga dengan tenang, dan di jaman sekarang manga kissa lebih dari itu. Ayo kita terlusuri mulai dari sejarah nya dulu.

Lahirnya Manga Kissa 

   Manga Kissa berawal dari tahun 70 an di Nagoya, pada saat itu kompetisi antar kafe sangatlah sengit alhasil ada seorang pemilik kafe yang berfikir "bagaimana jika aku taruh manga di kafe ku." dan akhirnya sang pemilik pun melakukannya, ia menaruh beberapa manga di kafe nya supaya pelanggan dapat membaca manga secara gratis sembari meminum kopi. Kafe nya pun perlahan lahan makin ramai dan populer, namun ini menghasilkan masalah baru yaitu adanya pelanggan yang hanya membeli satu minuman namun menetap di dalam kafe sangat lama bahkan ada yang tidak beli minuman sama sekali mereka datang hanya untuk membaca manga secara gratis. Takut rugi sang pemilik pun memasang harga per jam-an dalam kafe nya, di sinilah lahirnya biaya per jam manga kissa.

 

Manga Kissa di jaman sekarang 

   Tujuan awal manga kissa mulai berubah seiring waktu, dulu manga kissa hanyalah sebuah kedai untuk minum kopi dan membaca komik, kini manga kissa memiliki banyak fungsi dan fasilitas yang membuat nya sudah bukan lagi “hanya kedai untuk minum kopi dan membaca manga”. Manga Kissa di jaman sekarang sudah hampir seperti ネットカフェ(netto kafe) atau dalam bahasa indonesianya internet kafe atau umumnya warnet di Jepang. Fasilitas yang diberikan juga berkembang dan hampir sama dengan netto kafe sekarang, fasilitas yang diberikan manga kissa sekarang selain menyediakan manga gratis untuk dibaca sembari minum kopi, kini sebagian besar manga kissa memberikan fasilitas komputer yang sudah disertai internet, DVD, game, Wi-Fi, makanan, dan minuman yang bisa diambil sepuasnya,kamar mandi yang disediakan shower dan toilet, bilik untuk membaca atau menggunakan komputer, dan ada beberapa manga kissa yang bahkan memberikan fasilitas tempat untuk mandi dan futon (Tempat tidur gulung).     Biaya per 3 jam untuk manga kissa bisa mencapai 700-1500 yen, untuk 5-8 jam bisa mencapai 1500-3000 yen, dan untuk pengunjung atau pelanggan yang hanya ingin sebentar saja bisa membayar sekitar 200-400 yen untuk 30 menit dan 100 yen per tambhan 10 menit.  Harganya yang terjangkau dan faslitasnya yang banyak membuat manga kissa menjadi pilihan terbaik untuk beberapa orang yang ingin menginap dengan harga murah terutama orang-orang yang biasanya tertinggal kereta malam atau wisatawan yang mencari penginapan murah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline