Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Indyani

Universitas Gunadarma

Suku Bajau yang Jarang Naik ke Daratan

Diperbarui: 8 Februari 2023   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : Pexels.com

Suku adalah bagian dari bangsa yang terdiri dari sekelompok masyarakat yang seturunan. di Indonesia terdapat banyak suku yang tersebar dari sabang sampai merauke. salah satu suku yang unik yang ada di Indonesia bernama Suku Bajau. Suku Bajau adalah suku yang terdapat di berbagai Pulau Indonesia, Khususnya di wilayah Timur Indonesia. Namun, Suku Bajau merupakan suku yang bukan berasal dari Negara Indonesia. Suku ini  awalnya berasal dari Kepulauan Sulu, Filipina Selatan. diketahui bahwa jumlah penduduk Suku Bajau yang tinggal di Indonesia saat ini ialah sekitar 348.000 penduduk. 

Suku Bajau dianggap sebagai gipsi laut dikarenakan masyarakatnya hidup secara nomaden. maka dari itu, tak jarang dari suku ini bermigrasi ke berbagai belahan dunia. khususnya Wilayah Asia Tenggara, yaitu Negara Indonesia. dan ternyata Suku Bajau sudah menyebar di berbagai negara sejak ratusan tahun lalu. Adapun Wilayah yang terdapat Suku Bajau di Indonesia di antaranya ialah Kalimantan Selatan (Berau, Bontang), Kalimantan Timur (Kota Baru), Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan (Selayar), Nusa Tenggara Timur (Pulau Boleng, Komodo, Longos, Seraya) , Nusa Tenggara Barat, dan Wilayah Timur lain yang ada di Indonesia. 

Fakta menarik tentang Suku Bajau ini ialah mereka hidup secara nomaden di atas laut dan jarang naik ke daratan untuk mencari ikan tanpa alat bantu pernapasan untuk berenang atau tabung oksigen. Hal menarik lainnya ialah suku ini bahkan dapat menyelam sampai 13 menit dalam kedalaman 60 meter. Maka dari itu, Suku ini disebut pelaut dan perenang yang handal karena bisa menyelam lebih dari 10 menit. Menjadi Perenang dan Pelaut yang handal membuat mayoritas penduduk Suku Banjau berprofesi sebagai Nelayan. Hal ini juga di dukung dengan lingkungan tempat tinggal mereka yang dekat dengan pesisir pantai. Namun, Suku Bajau yang menyebar saat ini tidak senomaden para pendahulu mereka. Sebagian besar dari Suku Bajau mulai menetap di negara yang mereka kunjungi dan berbaur dengan suku-suku yang mereka temui di negara masing-masing. Mereka menetap di daerah yang berada di pinggir laut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline