Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Bachtiar

Mahasiswa Teknik Sipil

Peningkatan Potensi Pertanian Desa Sriwungu Melalui Digitalisasi Informasi Tingkat Kesuburan Tanah oleh KKN Tim 1 UNDIP 2024

Diperbarui: 15 Februari 2024   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi Pertanian Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung/Dokpri

Sriwungu, Temanggung (02/02/2024)- Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024 yang berlokasi di Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, KabupatenTemanggung melakukan pendataan terhadap pH kesuburan tanah sawah. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan program peningkatan potensi pertanian pada desa tersebut.

Kegiatan pendataan ini dilakukan selama pelaksanaan kegiatan KKN TIM I UNDIP 2024 di setiap dusun yang memiliki lahan sawah di Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung. Kegiatan pendataan tanah ini bertujuan untuk mengetahui pH masing-masing setiap dusun untuk mengetahui kekurangan tanah dan unsur hara di dalamnya. 

Dengan diketahuinya hasil pH dan kekurangannya, Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2024 dapat memberikan solusi kepada kelompok "Tani Muda" dan perangkat desa dalam meningktakan potensi pertanian pada Desa Sriwungu itu sendiri. Selain hal tersebut Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2024 juga memberikan pelatihan digitalisasi informasi untuk mengakses tiap tanah yang memiliki pH berbeda-beda pada suatu situs web. 

Dengan demikian masyarakat Desa Sriwungu terutama kelompok "Tani Muda" dapat dengan mudah melakukan sistem monitoring melalui situs web terhadap kesuburan tanah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline