Cibubur - Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kian meningkat, terlebih lagi pasca status darurat Covid-19 dicabut. Kini para UMKM bersaing antar satu sama lain demi meningkatkan daya jual serta menarik lebih banyak konsumen. Tren pemesanan makanan via aplikasi ojek online juga menjadi salah satu faktor persaingan antar UMKM semakin ketat, pasalnya minat warga Indonesia akan membeli makanan via aplikasi online kian meningkat, terlebih lagi setelah wabah Covid-19 mereda.
Hal ini tentu dirasakan oleh para pedagang UMKM, salah satu UMKM yang merasakan perubahan ini yaitu outlet Pondok Bangladesh yang terdapat di Fresh Market, Kota Wisata. Fresh Market sendiri merupakan pasar modern, dan setiap malam, di depan ruko tersebut banyak UMKM yang menjual dagangannya dengan membuka tenda yang berjajaran, biasanya makin malam akan makin ramai pembeli yang berdatangan. Selain membuka outlet secara offline, Pondok Bangladesh juga memperluas cakupan usahanya dengan mendaftarkan outletnya kepada beberapa aplikasi ojek online.
"Kami mulai mendaftarkan outlet kami secara bertahap pada tahun 2018, pada awalnya memang memerlukan biaya yang cukup banyak, akan tetapi alhamdulillah sekarang sudah balik modal dikarenakan antusiasme dan loyalitas pelanggan yang selalu memesan makanan kami via aplikasi ojek online" tutur Elisa, selaku owner Pondok Bangladesh.
Kini banyak pembeli yang mengandalkan aplikasi ojek online untuk membeli makanan, karena memang sistemnya yang sangat praktis itulah menjadi favorit banyak orang. Dengan adanya fitur pesan antar makanan dari ojek online ini sangat membantu UMKM untuk memperluas cakupan bisnisnya dan menarik lebih banyak pelanggan.
"Awalnya saya tidak tahu kalau di cibubur ini ada outlet Pondok Bangladesh, karena kami taunya outlet yang di Pasar Minggu. Akan tetapi 2 tahun lalu kami sedang melihat aplikasi ojek online untuk memesan makanan, ternyata di daerah Cibubur ada outlet Pondok Bangladesh dan masih bisa terjangkau dari rumah kami jika kami ingin memesan via online" tutur salah satu pelanggan di Pondok Bangladesh malam itu.
Hadirnya fitur pesan antar makanan via aplikasi ojek online ini memang sangat membantu kedua belah pihak, baik dari pedagang itu sendiri, maupun pembelinya. Pedagang harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperluas cakupan bisinisnya, seperti pesan antar makanan via aplikasi ojek online ini yang ternyata sekarang memiliki permintaan yang cukup tinggi dari konsumen.
Sebagai konsumen kita juga harus selalu mendukung UMKM agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia bisa makin maju. "Saya bersyukur dengan kehadiran aplikasi ojek online yang memiliki fitur antar pesan makanan, bisnis saya jadi lebih banyak diketahui oleh masyarakt, dan tentunya meningkatkan ozet penjualan Pondok Bangladesh" tutup Elisa mengakhiri sesi wawancara kami.
Aisyah Azka Mahira
2010411144