Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Az Zahra

Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Earphone Kabel Masih Memikat Hati Gen Z

Diperbarui: 4 Juli 2023   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggunaan earphone kabel bagi Gen Z. (Foto: Dok. Aisyah Az-Zahra)

Gen Z merupakan penggemar earphone terbesar dan mungkin dapat dikatakan “tidak bisa hidup tanpa earphone”. 

Mereka menganggap earphone sebagai suatu barang kebutuhan yang harus mereka punya, terutama di era pembelajaran daring yang sering dilakukan sejak pandemi.

Selain untuk keperluan belajar, mereka juga memakai earphone untuk mendengarkan musik, menonton film, menelepon, dan lain sebagainya. 

Earphone nirkabel atau yang biasa disebut dengan earphone wireless, baru-baru ini menjadi idola para Gen Z. Selain karena bentuknya yang lebih modern, earphone wireless lebih memudahkan Gen Z untuk bergerak tanpa terhalang oleh kabel.

Namun, muncul pertanyaan menarik: Apakah earphone kabel masih laku di kalangan Gen Z? Bagi sebagian mahasiswa yang merupakan Gen Z, earphone kabel masih menjadi juara di hati mereka. Ada beberapa alasan yang membuat mereka untuk tetap menjadi penggemar earphone kabel.

Alasan pertama adalah earphone kabel tidak perlu dicas. Gen Z terkenal dengan perilaku yang ingin serba cepat. Menurut sebagian dari mereka, earphone wireless dapat menghambat kegiatan mereka karena earphone wireless harus diisi dayanya setiap beberapa jam sekali.

“Tidak efisien waktu karena kita harus bolak-balik cas earphonenya dan itu butuh waktu cukup lama,” ungkap Dina, salah satu Gen Z penggemar earphone kabel.

Terkadang mereka lupa untuk mengecas earphone dan berakhir dengan tidak bisa memakai earphonenya saat di situasi genting. Oleh karena itu, mereka memilih earphone kabel yang lebih praktis dan tidak menyita waktu mereka.

Alasan kedua adalah earphone kabel lebih aman. Kebanyakan orang menganggap earphone kabel sangat menyusahkan karena memakai kabel. Padahal, kabel pada earphone merupakan salah satu keuntungan yang sulit ditandingi oleh earphone wireless. 

Hal itu terbukti dengan sebagian dari Gen Z yang menyatakan lebih aman saat memakai earphone kabel daripada earphone wireless. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline