Lihat ke Halaman Asli

Jenis-jenis Kamus

Diperbarui: 29 September 2021   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sebagai mahasiswa, dosen bahkan penulis pasti membutuhkan kamus, apalagi di jaman sekarang kamus sudah bisa di akses melalui internet. Biasanya orang mencari kamus untuk menemukan makna kata. Kamus bahasa indonesia memiliki isi yang bermacam-macam. Sering kali kita sendiri masih sering salah dalam menggunakan kata yang tepat sehingga biasanya menggunakan kamus dengan mudahnya melalui internet. Tetapi jarang sekali sekarang orang yang membeli kamus karena tanpa membeli buku kamuspun sudah bisa membacanya di internet.

Kamus adalah sebuah buku berisi kata- kata dari sebuah bahasa, biasanya disusun secara alfabetis, disertai keterangan akan artinya, ucapannya, ejaannya dan sebagainya (American Every Dictionary dalam Chaer 2007: 179).

Bedasarkan Bahasa Sasaran

Melalui bahasa sasaran kamus dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu ekabahasa, dwibahasa, dan aneka bahasa.

Pertama kamus ekabahasa memiliki  satu bahasa dan sumber bahasa yang sama. Kata-kata (entri) yang dijelaskan dengan menggunakan bahasa yang sama. KBBI merupakan contoh kamus ini. Kedua kamus dwibahasa merupakan kamus yang sumber nya tidak sama dengan bahasa sasarannya, dituliskan dengan dua bahasa yang berbeda seperti kamus Inggris-Indonesia. Ketiga kamus aneka bahasa, yaitu kamus yang memiliki tiga bahasa. Contohnya adalah kamus Inggris-Arab-Indonesia.

Berdasarkan ukuran

Kamus ada beberapa ukuran, karena kamus dibuat untuk memenuhi keperluan golongan tertentu. Kamus besar biasanya memuat kosakata, pribahasa, akronim, dan makna. Kamus besar ini memuat semua leksikal yang terdapat dalam satu bahasa. Dengan ukuran yang besar akan mengalami kesusahan jika mau membawanya kemana-mana. Ada juga kamus terbatas, kamus ini merupakan kamus yang sifatnya terbatas. Kamus tersebut dibuat untuk tujuan tertentu, contohnya kamus saku. Kamus saku merupakan kamus yang bisa dibawa dan memiliki bentuk-bentuk bahasa sederhana.

Bedasarkan isi 

Kemudian, menurut isinya, kamus dapat digolongkan menjadi kamus umum dan khusus. Kamus umum merupakan kamus yang isinya bahasa sehari-hari sedangkan kamus khusus yang isinya berkaitan dengan studi bidang ilmu, seperti kamus kedokteran, pertanian, pribahasa, dan linguistik.

Jadi jika diklasifikasikan berdasarkan bahasa sasaran, ukuran dan isinya, kamus memiliki berbagai macam jenis. Dengan adanya kamus kita menjadi lebih memahami setiap kata asing ataupun kata yang tidak kita pahami.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline