Lihat ke Halaman Asli

Hanah syah

Mahasiswa

Tembus PIMNAS 36! Tim PKM-RE UNS Riset Inovasi Perawatan Luka Pasca Operasi Caesar

Diperbarui: 14 November 2023   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Chatamin Team UNS

Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) adalah ajang bergengsi bagi mahasiswa seluruh Indonesia yang berupa puncak dari rangkaian pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. PIMNAS 36 diselenggarakan secara luring di Universitas Padjadjaran dari tanggal 26 November hingga 1 Desember 2023. Universitas Sebelas Maret meraih peringkat 7 tim terbanyak dari 107 perguruan tinggi (525 tim) yang dinyatakan lolos PIMNAS setelah melalui beberapa tahapan. Salah satunya adalah tim CHATAMIN yang beranggotakan ‘Aisyah Al-mumtahanah, Naila Aisyah Banowati, Taris Arung Samudra Dewi, Farikha Amalina Nurbaiti, dan Salma Aqilah Rachmawati yang melakukan riset inovasi nanoemulgel untuk perawatan luka pasca operasi caesar dengan kombinasi ikan gabus dan lemon. 

 

Pengujian dilakukan dengan tikus galur wistar dengan beberapa kelompok perlakuan. Riset ini menunjukkan hasil yang memuaskan dengan terbukti dapat mengoptimalkan penyembuhan luka. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil uji histopatologi sediaan nanoemulgel kombinasi ikan gabus dan lemon memiliki kemampuan penyembuhan luka, penebalan epidermis, dan folikel rambut, serta rekonstruksi struktur jaringan yang lebih baik jika dibandingkan dengan perlakukan normal, ekstrak, placebo, dan sediaan komersial yang ada dipasaran (oral). 

 

Inovasi nanoemulgel kombinasi ikan gabus dan lemon ini sangat berpeluang besar dikembangkan menjadi produk komersial. Produk di pasaran yang berkembang saat ini adalah berupa kapsul dan ekstrak ikan gabus, bahkan gabungan kedua ekstrak baru di temukan pada riset ini. Sediaan nanoemulgel mampu kontak dengan kulit dalam jangka waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan sediaan lain dan pemuatan obat yang tinggi, sehingga penyembuhannya juga lebih optimal. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline