Lihat ke Halaman Asli

Aisyahakd

Mahasiswa studi Agama-agama UIN SUSKA RIAU

Posko 16 Selesaikan 38 Proker dalam Satu Bulan

Diperbarui: 24 Agustus 2021   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tanjung Jabung Timur -

Mahasiswa KKN Kebangsaan posko 16 Kelurahan Rantau Indah telah  menyelesaikan 38 program Kerja Dalam satu bulan

Memasuki hari terakhir Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan, posko 16  mampu membuat 38  program kerja  berbasis pengabdian masyarakat di berbagai sektor

Kolaborasi apik yang dilakukan oleh 13 orang mahasiswa terbaik dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam posko 16 KKN Kebangsaan 2021 dapat membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Dibawah bimbingan DPL Citra Darminto Dan Fikri , Belum genap satu bulan mereka mengabdikan diri di kelurahan Rantau indah, mereka dapat merampungkan 38 program kerja dengan baik.
Program kerja tersebut adalah program kerja gabungan antara Individu dan kelompok. 

Dengan latar belakang disiplin ilmu yang berbeda- beda mereka dapat mengkombinasikan dengan baik ilmu tersebut yang dituangkan dalam program kerja.

Program kerja yang disusun oleh kelompok 16 tersebut merupakan bentuk pemecahan masalah dan inovasi yang mereka hadirkan di rantau indah yang menyasari berbagai sektor mulai dari kesehatan, pertanian, pendidikan, Lingkungan, sosial politik dan wawasan kebangsaan.


Pada sektor kesehatan yang menjadi fokus posko 16 yakni masalah penanganan covid - 19 , dimana tertuang dalam bentuk pembagian masker dan pemasangan poster covid-19. Selain itu dalam penanganan  stunting posko 16 mengadakan edukasi gemar makan ikan kepada siswa SD, dan menggalakkan ketahanan pangan keluarga. Ketahanan pangan keluarga dianggap menjadi ujung tombak penanganan stunting.


Menurut Nadif Syafwat salah satu anggota posko " jikalau suatu keluarga telah mampu menjaga ketahan pangan, pastilah anak- anak mereka akan tumbuh dengan baik ".

Oleh karena itu posko 16 menuangkan dalam bentuk sosialisasi  ketahanan pangan keluarga, dan pembuatan taman sayur Nusantara yang menjadi roll model pemanfaatan lahan pekarangan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga.

Sektor pertanian juga menjadi sorotan posko 16. Mereka meluncurkan beberapa program diantaranya inovasi pemanfaatan kulit pinang menjadi pupuk kompos, Pembuatan Gerai Sayur Nusantara, Edukasi Bangga menjadi petani Milenial, pembuatan alat ukur tanah, pemberdayaan KWT Rukun indah serta Pelatihan pembukuan KWT Rukun Indah.

Tak luput Sektor Lingkungan  juga masuk daftar target posko 16. Permasalah sampah yang menjadi momok, malah menjadi potensi yang dikembangkan oleh posko 16. Mereka meluncurkan gerakan 1001 polybag kemasan minyak sayur, pelatihan pembuatan pot vertikultur dari botol bekas serta pelatihan pembuatan eco enzym.
Selain itu kebersihan lingkungan juga digalakkan oleh posko 16, yakni dengan melakukan pembersihan rumah ibadah dan pembersihan kantor lurah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline