Lihat ke Halaman Asli

Aisyahakd

Mahasiswa studi Agama-agama UIN SUSKA RIAU

Mengolah Limbah Kulit Pinang Menjadi Pupuk Kompos ala Posko 16 KKN Kebangsaan

Diperbarui: 19 Agustus 2021   02:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jambi, Tanjung Jabung Timur - Dunia yang semakin berkembang menuntut para petani untuk mengasah kreativitas dan keterampilan dalam mengolah lahan pertanian. Tak terkecuali materi pendukung pertanian seperti media tanam pupuk untuk mendukung percepatan pertumbuhan tanaman pertanian.

Melalui momen Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan ( KKN -K ) yang dilaksanakan pada provinsi Jambi 2021. Sebanyak 390 orang mahasiswa berasal dari 46 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia turun langsung berkontribusi di berbagai desa khususnya Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

KKN Kebangsaan kali ini mengangkat  tema  "Membangkitkan Nilai-Nilai Kebangsaan Dan Kebersamaan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agroindustri".  

Dimana para peserta KKN Kebangsaan dituntut mengasah kreativitas membangun desa dengan pembangunan berbasis agroindustri.

Salah satunya terlihat dari program kerja Posko 16 berlokasi di Kelurahan Rantau Indah, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur ikut berinovasi memunculkan produk agroindustri baru pada kebutuhan dan perkembangan sektor pertanian.

Masyarakat  kelurahan Rantau Indah memiliki pekerjaan umum berbasis pertanian, terutama pada komoditi sawit dan pinang. Pada potensi besar dari sektor pinang, posko 16 mencoba memanfaatkan peran limbah pinang sebagai media tanam berbasis pupuk organik.

Ide tersebut didapat dari penelitian salah satu peserta KKN kebangsaan Posko 16 Suliyani mahasiswi Agribisnis Universitas Jambi yang sebelumnya melakukan penelitian tentang pemanfaatan kulit pinang menjadi pupuk organik. 

Melalui kerangka penelitian tersebut akhirnya di olah oleh kelompok mahasiswa dari berbagai universitas seluruh Indonesia yang tergabung dalam Posko  16 KKN Kebangsaan untuk mengeksekusi penelitian tersebut menjadi sebuah produk jadi yang diharapkan bisa membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan  pertanian.

Persiapan praktek pembuatan Media Tanam Berbasis Pupuk dari Limbah Pinang dilakukan setidak nya dua hari. Memanfaatkan  alat sederhana, mahasiswa posko 16 menyiapkan bahan-bahan pembuatan pupuk seperti biasanya

Hari pertama Jum'at  30 Juli 2021, dilakukan dengan penyiapan bahan-bahan pembuatan kompos dengan bahan kulit pinang. Berlanjut di hari kedua pada Sabtu pagi, 1 Agustus 2021 di isi dengan pencampuran bahan-bahan kompos yang telah disiapkan. Bahan yang telah di satukan kemudian menunggu penguraian selama 2 minggu.

Dalam pelaksanaan program kerja posko tersebut juga disambut baik oleh pihak kelurahan yang mana pelaksanaan pembuatan kompos ditinjau langsung oleh bapak dan ibu lurah kelurahan Rantau Indah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline