Lihat ke Halaman Asli

Contoh Kecil Efek Hormat Pada Orang Tua

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13391314662108173394

Barang siapa yang menghormati leluhur, orang tua-nya…kesuksesan akan diraih. Mungkin itu bukan hanya perintah agama yang notabene mutlak, tetapi terlihat sebagai hukum alam pada akhirnya.

Penulis mencoba sedikit mengaitkan ‘mitos’ ini dengan ketenaran artis-artis korea. Sengaja sih, karena tiap detak kehidupan kita kini sedang terimbas oleh booming segala hal dari negara yang juga terkenal sebagai‘Negara Plastic Surgery’ tersebut.

Sebutlah, Lee Dong Hae. Pentolan Super Junior yang mengikuti saran ayahnya untuk menjadi penyanyi demi melanjutkan cita-cita ayahnya. Meskipun berat tantangan selama mengikuti pelatihan di asrama (dorm), tapi hasil yang dirasakan kini benar-benar membuat dunia kini mengetahui siapa yang bernama Lee Dong Hae, anak seorang supir taksi tersebut.

Orang-orang Korea menanamkan nilai-nilai leluhur yangbagi siapa melanggarnya akan mendapatkan sanksi sosial. Ambil contoh, ketika beberapa lagu Kpop yang pernah di cekal karena berisi lirik-lirik ‘vulgar’ dan juga ajakan berlaku tidak baik antar beda jenis. Pemerintahnya tidak hanya diam namun juga mendapat support dari para orang tua di sana demi menjaga generasinya dari efek buruk yang akan ditimbulkan kemudian hari. Adakah artis atau management entertaint di sana yang menentangnya? Selain juga ketegasan dari ‘orang tua ‘, dimaksud pemerintahnya, juga tanggung jawab dari diri orang Koreanya sendiri terhadap demi kelangsungan generasi mereka.

Juga ketika Girl Band di sana yang sedikit kebablasan akan pakaian yang terlalu banyak mengekspose kaki dan juga paha. Orang tua disana mencoba menegur dengan bantuan media, yang mendukung hal baik tersebut.

Meskipun ada juga dari sedikit agensi yang ‘nakal’ menolak seperti teguran untuk MV KHJ dengan judul Please, tetapi mereka tak lepas dari pengadilan yang berdiri sebagai penegah agar tidak terjadi keputusan berat sebelah.

Selayaknya Indonesia dan juga para generasi penerus mengambil contoh dari hal ini. Negara kita yang kaya akan tradisi…sopan santunnya…bila ini menjadi tolak ukur kita dalam berprestasi dan berkesenian…dipastikan kita bersinar.

Tengoklah Julia Perez. Artis yang juga pengusaha ini begitu mematuhi akan apa yang disarankan oleh ibunya. Secara kasat mata dapat terlihat kesuksesan duniawi oleh kita terhadapnya. Juga sopan santun yang menjadi budaya Indonesia yang diterapkan oleh artis muda berbakat kita, Vidi Aldiano dan Afgan Syahreza dan juga teman seperjuangan mereka Petra Sihombing. Sukses kan mereka?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline