Lihat ke Halaman Asli

Punahnya Spixs Macaw akibat Deforestasi

Diperbarui: 21 Maret 2024   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar CNN

Spixs Macaw jenis burung yang menjadi peran utama dalam film Rio (2011) merupakan spesies burung yang berhabitat asli di hutan dataran rendah di timur laut Brazil. Burung ini sudah hilang di alam liar selama 20 tahun namun sudah dapat dilihat kembali ditanah asalnya, Brazil. Warnanya yang indah berwarna biru keabu-abuan dengan bulu ekor dan sayap yang berwarna biru cerah serta mahkota berwarna abu-abu muda membuat burung ini menjadi banyak diburu oleh pemburu liar untuk perdagangan satwa. Serta adanya industri agrikultur dan deforestasi membuat habitat burung ini hilang. Hal ini yang menyebabkan punahnya burung spixs macaw pada tahun 2018 di alam liar. Terdapat 60-80 individu burung spixs macaw yang hidup di penangkaran. Namun pada tahun 2019 Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam secara resmi menyatakan spesies tersebut sudah benar benar punah di alam liar.

Deforestasi merupakan tindakan penebangan hutan atau penggundulan hutan yang digunakan untuk alih fungsi lahan, hal ini menyebabkan tanah menjadi kering dan hewan-hewan yang  berada di tempat tersebut kehilangan tempat tinggal atau habitatnya. Amazon di Brazil mempunyai tingkat deforestasi tertinggi didunia. Dampak dari deforestasi hutan antara lain:

1. Kerusakan Lingkungan

Deforestasi menyebabkan erosi tanah,banjir, dan hilangnya kesuburan tanah

2. Perubahan Iklim 

Deforestasi memengaruhi meningkatnya emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim global

3.  Punahnya Flora dan Fauna 

Dengan menebang pohon pohon yang ada di hutan sama saja dengan merusak semua flora yang terdapat di hutan tersebut dan fauna kehilangan tempat tinggalnya.

Solusi yang dapat diberikan untuk mencegah kepunahan Flora dan Fauna 

- Memberikan edukasi dan Sosialisasi

- Mendukung upaya pelestarian lingkungan

- Membuat penangkaran

- Melaporkan orang yang berburu satwa langka




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline