Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Salma Mufidah

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Menuju Pemikiran Filsafat

Diperbarui: 10 Februari 2020   03:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Tugas Filsafat Ilmu -- Review Buku. (Aisyah Salma Mufidah (19150042))

Judul Buku : Menuju Pemikiran Filsafat

Penulis : Muhammad In'am Ensa

Th terbit :2016

Penerbit: UIN-Maliki Press

Bab 1  Kuasa dan hasrat pengetahuan

Konsep kekuasaan mempunyai sifat dalam ilmu sosial dan politik. Urusan politik tidak lebih dari urusan kekuasaan. Kekuasaan itu adalah keinginan untuk mempengaruhi orang lain. Menurut Raharjo , kekuasaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang, lembaga, mengontrol orang lain.

Sedangkan menurut Budiarjo kekuasaan adalah kemampuan untuk saling mempengaruhi satu sama lain agar tingkah lakunya sesuai dengan yang punya kekuasaan. Menurut Van Dijk kekuasaan adalah kepemilikan kelompok yang dengan kepemilikan ini dapat mengatur kelompok kelompok yang lain.

Jika kita melihat dari kenyataannya , manusia merupakan yang memiliki kekuasaan di bumi atau yang disebut sebagai khalifatullahi fil ardl yang berarti mewakili Tuhan di bumi ini . Alam semesta sudah diberikan oleh Allah kepada manusia yang berposisi sebagai pemilik kekuasaan.

Kuncinya adalah rahmatan lil alamin adalah perjuangan kita untuk menuju kekuasaan. Memili kekuasaan , harus memiliki pengetahuan yang mencukupi. Tanpa pengetahuan, manusia tidak akan mengelola kekuasaan dengan baik.

Informasi apapun wajib kita butuhkan dan kita terima , agar kita terbuka terhadap informasi tersebut. Dan kritis itu diperlukan agar kita tidak selalu mengikuti perkataan orang lain. Foucault, seorang pemikir kekuasaan itu bagaimanakan bisa beroperasi adalah dengan 4 hal :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline