Lihat ke Halaman Asli

Aisyah Jihan

Mahasiswi

Magang di Dompet Dhuafa 2022: Menebar Kebahagiaan dan Keberkahan di Bulan Ramadhan

Diperbarui: 14 November 2022   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dompet dhuafa merupakan Lembaga amil zakat yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat (empowering people). Dompet Dhuafa memiliki fokus dalam berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan.

Dompet Dhuafa memiliki 5 pilar program utama untuk mengentaskan kemiskinan. Diantaranya meliputi; Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial-Dakwah, dan Budaya. Dikutip dari ddjabar.org Dompet Dhuafa saat ini telah menjadi organisasi filantropi Islam yang menghimpun dana masyarakat terbesar di Indonesia. Di tahun awal total penghimpunan sekitar Rp 80 juta. Kemudian melalui kepercayaan masyarakat yang semakin tumbuh dan berkembang, pada tahun 2016 Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana hingga Rp 318 miliyar rupiah.

Alhamdulillah tepatnya pada Bulan Maret sampai dengan bulan Juni saya diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan menambah pengalaman dengan bergabung menjadi peserta magang di Dompet Dhuafa Jawa Barat. Dompet Dhuafa Jawa Barat merupakan salah satu cabang dari dompet dhuafa seindonesia  yang dengan sigap dan tanggap mengatasi masalah kemanusiaan terutama masalah kemanusiaan yang berada di Jawa Barat. Dengan banyak nya masalah, program kerja, dan persoalan yang harus di atasi Lembaga kemanusiaan ini membutuhkan sumber daya manusia lebih banyak lagi.

Oleh karena itu dompet dhuafa selalu membuka peluang untuk saling membantu masyarakat,   saling merangkul dan bergotong royong bersama sama menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dengan membuka kesempatan volunteer maupun magang seperti yang saya lakukan.

Setiap bulan Ramadhan Dompet Dhuafa Jawa Barat selalu mengadakan program program untuk memeriahkan bulan suci ini. Ramadhan pada tahun ini Dompet Dhuafa Jawa Barat memiliki campaign untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan yaitu #30HariRamadhanJadiManfaat yang didalamnya terdapat berbagai program berbagi berkah dan berbagi kebahagiaan.

Pada bulan Ramadhan kemarin saya ikut serta berpartisipasi membantu dan menyemarakkan program Ramadhan yang diselenggarakan Dompet Dhuafa. Salah satu program yang saya ikuti dan saya kelola yaitu gerobak gerebek. Gerobak gerebek ini adalah salah satu program yang dimana kita akan mencari pedagang dengan kriteria tertentu yang akan kami bantu habiskan borong dagangannya dan membagikannya kepada orang orang untuk ta'jil atau makanan berbuka puasa. Selain kami borong dagangannya, kami akan menjadi jalur rejeki mereka dengan memberikan duit lebihan dari yang harusnya dibayarkan agar mereka dapat merayakan hari raya lebaran dengan kebahagiaan.

Dengan mengikuti kegiatan ini kami jadi belajar untuk lebih bersyukur dengan keadaan yang sekarang, selain itu melatih empati dan simpati kita untuk terus bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Dengan melakukan kegiatan gerobak gerebek ini juga kami memberikan keberkahan untuk orang yang kami berikan makanan ta'jil dan keberkahan kepada penjual karena mereka jualan mereka terborong habis dan mendapatkan rejeki lebih,selain itu mereka dapat mengikuti buka puasa bersama di rumah bersama keluarga nya tanpa harus berlarut larut dijalan sampai dagangannya habis.

whatsapp-image-2022-08-10-at-23-38-01-637246f04addee28245016d3.jpeg

Selain gerobak gerebek, saya juga mengikuti kegiatan program Ramadhan yang lain seperti bagi bagi Takjil di jalanan Gedung sate Bandung, lalu saya juga ikut andil dalam melakukan kegiatan santunan ke Yayasan ODGJ (orang dalam gangguan jiwa) di Yayasan Fajar Berseri yang terdapat di Bekasi, membagikan sembako kepada driver online khusus nya driver Indriver,saya juga ikut andil melakukan kegiatan santunan Al Qur'an ke salah satu tempat mengaji di kabupaten Bandung yaitu di Cikawari. Dan masih banyak lagi program Ramadhan berbagi keberkahan yang saya ikuti.

Selain program berbagi keberkahan, saya juga mengikuti kegiatan berbagi kebahagiaan dan keceriaan kepada adik adik yang ada di berbagai sekolah dasar. Program ini bernama Story Sharing. Yaitu kami mengunjungi berbagai sekolah dasar yang ada di Bandung dan melakukan kegiatan story telling dengan mengundang pendongeng untuk memeberikan cerita yang menari mengenai cerita islami,dll. Lalui kami juga menyiapkan badut mascot dompet dhuafa yaitu Bang Sidiq agar kegiatan semakin menarik dan semakin memberikan exciting kepada anak anak sekolah dasar tersebut. Output yang diberikan dari kegiatan ini yaitu donasi yang dikumpulkan oleh anak anak dari wali murid yang nantinya akan dikelola kembali menjadi kebermanfaatan untuk orang banyak.

whatsapp-image-2022-08-11-at-03-08-43-2-6372470308a8b5549a58d392.jpeg

whatsapp-image-2022-08-10-at-23-38-00-1-637247198db7a86e167647a2.jpeg

Masih banyak sekali kegiatan yang saya ikuti dan saya jalani selama magang di Dompet dhuafa Jawa Barat, kegiatan ini mungkin akan menjadi pengalaman yang berharga dan tidak dapat dilupakan. Banyak sekali pelajaran yang dapat kami sebagai anak anak magang petik dari magang di Dompet dhuafa Jabar, pelajaran yang sangat berharga yang tidak dapat dinilai oleh nominal uang.

whatsapp-image-2022-08-10-at-23-37-57-6372472f8db7a8738d611782.jpeg

whatsapp-image-2022-08-10-at-23-37-59-1-637247408db7a873894659d2.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline