Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Selama Mengikuti Program Studi Independen Batch 3 di MyEduSolve

Diperbarui: 21 Desember 2022   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang salah satu implementasinya melalui Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Kemendikbud berharap melalui program ini dapat memudahkan pertemuan antara pencari kerja dan pembuka lapangan kerja. Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kemendikbud Nizam, mengatakan para pencari kerja tanpa lelah melamar lowongan dan mengikuti acara-acara pengembangan diri. Sementara itu, para recruiter juga tanpa lelah berkeliling Indonesia, menggunakan berbagai platform, untuk dapat mengakuisisi talenta-talenta terbaik bangsa ini. Namun, seringkali keduanya tidak bertemu di ujung jalan. Melalui program MSIB ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi kedua pihak agar dapat saling mencapai tujuan yang diinginkan.

Tujuan dari program Studi Independen ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri sesuai minat dan bakatnya melalui kegiatan di luar kelas perkuliahan. Salah satu mitra yang bergabung pada program Studi Independen Batch 3 ini adalah PT.Dwi Inti Putra (MyEduSolve). MyEduSolve itu apa?

MyEduSolve merupakan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan, dan mengemban visi untuk mewujudkan transformasi angkatan kerja Indonesia melalui literasi digital. MyEduSolve terus mengupayakan peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui sertifikasi internasional dan online learning. MyEduSolve menawarkan empat pathway yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yaitu Data Science, System Analyst, VR Developer, dan UI/UX Designer. Periode kegiatan program Studi Independen di MyEduSolve dilakukan mulai dari 18 Agustus - 31 Desember 2022. Dari sekian banyak pendaftar yang ingin mengikuti program ini terdapat mahasiswa dengan nama Aisha Safa Asy'ari dari program studi sistem informasi UPN Veteran Jawa Timur. Aisha berkesempatan menjadi salah satu peserta yang dapat mengikuti program Studi Independen Batch 3 di mitra MyEduSolve dengan pemilihan pathway UI/UX Designer.

Apa saja ya kegiatan yang dilakukan pada program Studi Independen di MyEduSolve? MyEduSolve sendiri terdapat 4 rangkaian kegiatan, yaitu pembelajaran pathway, career mentoring, masterclass, dan capstone project. Kegiatan pertama yaitu pembelajaran pathway, nah kira-kira ngapain aja ya? Jadi pada pembelajaran pathway kami melakukan Synchronous bersama mentor, asynchronous menggunakan Gmetrix, pengisian logbook, Ujian Sertifikasi, dan Evaluasi program. Sementara pada kegiatan career mentoring, kita melakukan 1-on-1 career mentoring, group mentoring, support group, pengisian logbook, dan evaluasi program.

Nah ada lagi kegiatan masterclass, ngapain aja ya? Di kegiatan ini ada webinar dan workshop yang memberimu informasi dan wawasan tambahan terkait dengan industri, keterampilan, dan strategi yang akan dibutuhkan dalam menata karier kedepannya. Dan yang terakhir ada kegiatan capstone project, yaitu Peserta akan mengerjakan 1 project secara berkelompok yang akan diberikan langsung oleh client dari berbagai organisasi dan perusahaan di Indonesia.

Capstone project merupakan sebuah project akhir yang akan dikerjakan selama 4 minggu, dimana peserta akan digabungkan ke dalam kelompok untuk menyelesaikan real-world problem dari Client. Dengan tujuan Menciptakan solusi atau inovasi terhadap suatu permasalahan yang ada di dunia nyata, dengan penerapan ilmu dari bidang yang berbeda. Alur project ini yaitu define, team formation, research and innovate, prototype, monitor and improve dan demo day.

Pada program pathway UI/UX Designer, terdapat empat materi dalam pembelajaran pathway yang dipelajari oleh peserta yaitu Adobe Ilustrator, Adobe Indesign, Intuit Design for Delight Innovator (Design Thinking), dan Figma. Pembelajaran ini dilakukan dengan Synchronous bersama mentor. Peserta akan belajar bersama mentor setiap hari senin sampai jumat dengan durasi 2 jam setiap pertemuan. Lalu, di setiap akhir pembelajaran program, peserta akan memilih jadwal untuk ujian sertifikasi dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Tidak hanya belajar mengenai UI/UX Designer saja, MyEduSolve juga ingin memastikan bahwa peserta Studi Independen dapat merencanakan karirnya lebih matang. Setelah memiliki kompetensi yang cukup dan relevan dengan dunia industri, peserta juga belajar mempersiapkan diri untuk proses rekrutmen yang sebenarnya. Terdapat program bimbingan karier berupa pemaparan hal-hal yang diperlukan dalam mempersiapkan karir. Peserta diberikan materi mengenai proses rekrutmen, mulai dari pembuatan CV, membangun profil linkedIn, memahami teknik menjawab interview yang baik. Selain itu, peserta dilatih untuk memiliki soft skill yang perlu dimiliki untuk dapat bersaing dalam proses rekrutmen di dunia kerja.

Melalui program Studi Independen Batch 3 ini, Aisha beranggapan selama menjadi peserta, dia mendapatkan ilmu pada bidang yang dia minati sekaligus pengalaman yang tidak akan didapatkan pada saat perkuliahan. Program ini sangat berguna bagi mahasiswa untuk tidak hanya mempelajari teori saja, tetapi juga melatih praktik agar dapat mengasah skill yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja nanti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline