Lihat ke Halaman Asli

Aisha Iraniya

Undergraduate Student at Universitas Airlangga

Small Steps for Big Changes: Anak Muda Indonesia Bisa Apa?

Diperbarui: 3 Juni 2024   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

unesco.org

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah sebuah komitmen global dan nasional yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat. 

Di tengah gempuran krisis global, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyampaikan bahwa penerapan SDGs diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi semua orang di planet ini. 

Terdapat 17 target dan sasaran global tahun 2030 yang dideklarasikan oleh kurang lebih 193 kepala negara baik negara maju maupun negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. 

Mencapai SDGs membutuhkan upaya kolektif dari semua pihak. Bukan hanya tugas pemerintah untuk menegakkan SDGs, tetapi juga tanggung jawab kita semua, termasuk setiap individu, komunitas, dan organisasi yang masing-masing memiliki peran penting dalam mewujudkannya. 

Para pihak harus saling bekerja sama dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan, menjaga lingkungan, memerangi ketidaksetaraan, serta memastikan kehidupan yang layak bagi setiap orang. Adapun yang termasuk dalam 17 tujuan SDGs, diantaranya yaitu:

  1. Menghapus Kemiskinan (No Poverty)

  2. Tanpa Kelaparan (Zero Hunger)

  3. Kesehatan (Good Health and Well-being)

  4. Pendidikan (Quality Education)

  5. Persamaan Gender (Gender Equality)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline