Lihat ke Halaman Asli

Aisha Annnada

Mahasiswa,Universitas Lambung Mangkurat

Beberapa Contoh yang Diakibatkan oleh Masalah Hidrologi di Indonesia

Diperbarui: 6 April 2023   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hidrologi merupakan cabang dari ilmu bumi yang mempelajari tentang siklus air di permukaan bumi.Dalam taksonomi cabang ilmu hidrologi dikelompokkan ke dalam cabang ilmu yang berkaitan atau mempelajari tentang air(Dooge,1983). 

Siklus air merupakan focus utama dari ilmu hidrologi,Sinar matahari yang terpancar ke bumi memanaskan suhu air di laut,danau atau yang terikat pada permukaan tanah.Banjir yang diakibatkan oleh hujan di Indonesia sudah sering kita dengar.Selain factor hujan juga Kawasan yang jarang akan pepohonan akan mempercepat masuknya air ke Kawasan masyarakat.

Di Indonesia selain masalah dari banjir,hidrologi juga mencakup mengenai pencemaran air yang diakibatkan oleh limbah masyarakat atau industry yang dibuang ke sungai,erosi yang diakibatkan oleh penebangan hutan secara liar,serta pendangkalan yang diakibatkan oleh masyarakat yang masih membuang sampah kesungai.Berikut beberapa contoh dari masalah hidrologi yang terjadi di Indonesia.

1.

Tecemar Limbah Industri,Kali Sadang Berubah warna&berbau menyengat

26/5/ 2022

metrotvnews.com

Diduga tercemar limbah industri, aliran Kali Sadang di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berubah warna dan mengeluarkan bau menyengat. Tercemarnya aliran Kali Sadang ini mengganggu aktivitas warga. Bau menyengat pun dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan warga di sekitar bantaran kali. Kejadian ini sudah berlangsung sejak belasan tahun dan belum ada penanganan serius dari pemerintah setempat.

2.

435 Rumah Rusak Akibat Bencana Hidrometeorologi di Kendari

8/03/ 2023

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline