Lihat ke Halaman Asli

Aisa PutriSaptarina

Mahasiswa Teknologi Pangan, Universitas Diponegoro

Greek Yoghurt: Penerapan Teknologi Pangan dalam Pengolahan Susu

Diperbarui: 4 Juni 2023   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi greek yoghurt

Aisa Putri Saptarina || Zefanya Avrilia T.G || Monica Amelia Agustina

Susu merupakan cairan putih yang dihasilkan dari ambing pada mamalia betina seperti sapi, kambing, kuda, kerbau dan sebagainya. Tapi kata susu identik dengan susu sapi. Susu memiliki kandungan  yang terdiri dari protein, kalsium, kalium, vitamin D, vitamin A, vitamin B12, niasin, fosfor, zat besi, karbohidrat dan mineral yang baik bagi tubuh. Susu dapat diolah menjadi berbagai macam produk susu dengan teknologi pengolahan yang berbeda. Salah satunya yaitu greek yoghurt. Tahu gak sih apa itu greek yoghurt? Bagaimana cara membuatnya? Dan apa manfaatnya? Kami pernah membuat greek yoghurt secara sederhana, sehingga pada blog ini kami akan membahas tentang greek yoghurt yang kami ketahui.

Greek yoghurt pertama kali dikenal di Yunani. Greek yoghurt merupakan salah satu jenis yoghurt yang dibuat dari proses penyaringan yoghurt.  Cara pembuatannya berbeda dengan pembuatan yoghurt biasanya. Yoghurt biasa hanya mengalami dua kali proses penyaringan, sedangkan pada greek yoghurt mengalami tiga atau empat kali proses penyaringan hingga menghasilkan yoghurt yang lebih kental. Nah, yoghurt yang lebih kental inilah yang disebut dengan greek yoghurt. Greek yogurt yang sudah mengalami proses penyaringan mengandung lebih rendah gula daripada yoghurt biasanya karena gula alami dari yoghurt yaitu laktosa ikut tersaring bersama dengan whey yoghurt, sehingga menghasilkan yoghurt yang lebih kental dan creamy serta dengan rasa yang asam. Whey yoghurt merupakan cairan hasil dari penyaringan yoghurt yang mengandung laktosa atau gula alami yang terdapat dalam susu.

Ilustrasi whey yoghurt

 

Apasih manfaat dari greek yoghurt? Greek yoghurt dikenal sebagai jenis yoghurt yang paling sehat dibandingkan dengan jenis lainnya. Greek yoghurt memiliki berbagai macam manfaat seperti meningkatkan kesehatan tulang  karena mengandung berbagai macam nutrisi yang penting dan diperlukan seperti kalsium, fosfor, protein dan mangnesium. Adapula untuk meningkatkan metabolisme karena mengandung protein, karbohidrat berserat, dan lemak sehat. Selain itu, greek yoghurt juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengontrol berat badan karena kandungan lemak HDL di dalamnya. Greek yoghurt juga dapat dikonsumsi oleh penderita intoleran laktosa karena kandungan laktosa pada yoghurt ikut tersaring bersama whey sehingga rasa dari whey yoghurt lebih manis dibanding dengan greek yoghurt.

Sekarang sudah tahu kan apa itu greek yoghurt dan manfaatnya? Jangan lupa untuk mencoba greek yoghurt ya. Saran dari kami, ketika mencoba greek yoghurt lebih enak jika dipadukan dengan irisan buah-buahan segar. Terimakasih yang sudah membaca blog ini. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi yang sudah membacanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline