Lihat ke Halaman Asli

Aisa Khoiru Shofa

Never Give Up

Tentang Masyarakat Madani

Diperbarui: 11 April 2020   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Masyarakat madani atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan civil society adalah masyarakat yang membuka keinginan besar manusia untuk berkembang secara utuh/profesional hingga terbentuk suatu lingkungan masyarakat mengedepankan toleransi. Masyarakat madani dikatakan sebagai lembaga sosial yang dapat melindungi warga negara yang berlebihan. Masyarakat madani bahkan juga sebagai tiang utama dari kehidupan politik yang demokratis.

Tapi kita juga peru tahu bahwa masyarakat madani sulit untuk berkembang pada rezim orda baru. Karena dalam hal ini dalam hal ini terdapat adanya sentralisasi dari kekuasaan melalui birokratisasi dan korporatisme hampir pada seluruh aspek dari kehidupan. Dalam kebijakan otoriter ini dapat menyebabkan organisasi dari masyarakat tidak memiliki kemandirian dan juga tidak memiliki keuatan kontrol dari jalannya pemerintahan.

Masyarakat madani sendiri juga memiliki nilai paling ampuh atau yang dibutuhkan. Karena dalam hal ini memang ada beberapa nilai yang harus ditanamkan dan dimaknai sejak dini oleh setiap individu sendiri. Nilai nilai yang memang harus terkandung dalam masyrakat madani antara lain toleransi, keadilan, sosial, demokrasi dan pluralisme.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline