DISKUSI SISWA SICC SEBAGAI AKTUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS
SICC, Rabu 29 Januari 2020
Pelajaran Bahasa Indonesia terutama di kelas IX yang notabene pelajaran dengan segudang teks, jika tidak disiasati dengan model dan metode pembelajaran yang pas dan bervariasi, akan menimbulkan kejenuhan dan rasa kantuk yang menyerang para peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas, terutama di jam terakhir.
Dengan sedikit inovasi dan kolaborasi antara guru dan peserta didik pembelajaran yang menjemukan jika dikemas dengan metode yang sesuai dan diminati peserta didik akan menghasilkan pembelajaran yang mengesankan dan tidak dapat dilupakan.
Banyak sekali kesempatan dan peluang-peluang dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang bisa digali dan dijadikan pengalaman belajar peserta didik yang mengesankan, salah satunya Kompetensi Dasar Berpidato dengan Bahasa yang santun Pada semester I, kita bisa memakai metode pemodelan dan demonstrasi, serta PJBL (project based learning) pertemuan pertama bisa menampilkan teks pidato dan menampilkan model orang yang berpidato pada video yang disiapkan di layar infokus ( bisa diambil model pidato dari orator yang sedang viral atau disukai para peserta didik, hal ini dimaksudkan agar para peserta didik bersemangat mengikuti pembelajaran.
Pada tahap penulisan teks pidato , kita bisa menggunakan model PJBL/ pembelajaran berbasis proyek agar dapat menghasilkan produk/karya para siswa berupa naskah pidato dan jika dikumpulkan bisa menghasilkan karya berupa buku kumpulan siswa. Begitu juga dengan pidato itu sendiri jika dikemas dengan baik dapat dijadikan praktik mengasah kemampuan peserta didik dalam berpidato, bisa dilakukan di aula dengan peralatan seperti sound system dan panggung sederhana, bisa direkam dengan video dan diupload ke chanel youtube seperti yang biasa dilakukan oleh para peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, dan ini akan dilaksanakan dengan senang hati oleh mereka.
Seperti pada hari Rabu 29 Januari 2020, siswa kelas 9C, 9D, dan 9F SMP Islam Cendekia Cianjur melaksanakan praktik diskusi di kelas masing-masing, hal ini sesuai dengan Kompetensi Dasar 4.9 ( Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argument, yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan actual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca) serta Kompetensi Dasar 4.10 (menyajikan gagasan/pendapat , argument yang mendukug dan yang kontra serta solusi atau permasalahan actual dalam teks yang dibaca atau didengar. Kelas 9C dan kelas 9D melaksanakan diskusi dengan tema "Pro dan kontra gagasan penghapusan UN " sedangkan kelas 9F mempunyai tema yang berbeda yakni tema kenakalan remaja.
Semua kelas melaksanakan diskusi dengan tertib dan lancar, tidak lupa acara tersebut diabadikan dengan rekaman video oleh fotografer handal SICC yang tidak asing lagi yakni Mr. Armand Ritvanto yang telah berpengalaman dalam hal pemotretan dan perekaman video. Video yang diambil akan disunting dan diupload ke chanel Youtube SMP Islam Cendekia Cianjur untuk menambah khazanah sumber pencarian bahan ajar dan demonstrasi pelajaran Bahasa Indonesia di Internet.
Kegiatan ini selain disenangi oleh para peserta didik, diharapkan bisa menjadi pemicu semangat belajar, serta menghasilkan karya yang inovatif dalam menghasilkan bahan ajar, sampai mereka telah lulus, video yang mereka buat masih bisa dinikmati oleh mereka kelak, disamping itu diharapkan video pembelajaran ini juga bisa bermanfaat untuk orang lain.
Perlu persiapan matang dalam melaksanakan sebuah rencana, itulah mengapa RPP perlu, karena rencana yang akan kita laksanakan dalam pembelajaran ya disusun pada RPP ini, akan membantu perencanaan serta arahan pembelajaran dalam menyampaikan materi serta memberikan instruksi kepada para peserta didik.