Lihat ke Halaman Asli

KKN Dusun IV Trimulyo

Kuliah Kerja Nyata

(KKN-UMKO) Belajar Baca Al-Quran Harus Sedari Dini

Diperbarui: 10 September 2020   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dok. pribadi

Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Kotabumi (KKN UMKO)  merupakan salah satu program pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UMKO dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMKO.  Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan,  terhitung mulai tanggal 10 Agustus 2020 sampai 10 September 2020. Kegiatan ini bertempat di Desa-desa yang telah dipilih berdasarkan pengajuan dari mahasiswa.

Dusun IV Trimulyo,  Desa Kalicinta adalah tempat yang kami pilih untuk melaksanakan kegiatan KKN selama satu bulan ini. Ada tiga skema kegiatan yang kami laksanakan,  salah satunya adalah skema bidang Agama Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Pada Skema ini, salah satu kegiatan yang kami laksanakan adalah mengadakan Bimbingan Belajar Al-Quran (BBQ)  untuk anak-anak di dusun IV Trimulyo.

Belajar dan mengenal Al-Quran dapat dilakukan mulai dari usia dini sebab usia dini adalah usia yang dinilai lebih cepat dalam belajar dan menghafal suatu hal. Mengenal Al-Quran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan belajar menulis dan membaca huruf hijaiyah dengan baik dan sesuai dengan mahraj hurufnya. Dengan dapat menulis dan membaca huruf hijaiyah dengan baik makan diharapkan kedepannya dapat membaca surat-surat dalam Al-Quran dengan baik dan benar.

Sumber gambar: dok. pribadi

Kegiatan Bimbingan Belajar Al-Quran (BBQ)  ini kami laksanakan di masjid Nurul Iman,  mulai dari pukul 17.00 sampai dengan pukul 18.00. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan mengajak anak-anak untuk belajar Al-Quran sejak kecil. Kegiatan ini diikuti oleh 5 sampai 10 orang. Anak-anak yang datang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan bersemangat bahkan mereka datang sebelum pukul 17.00. Tidak sedikit orang tua yang meminta kegiatan ini terus dilakukan namun mengingat terbatasnya waktu pelaksanaan kegiatan KKN,  dengan berat hati kami harus menyudahi kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengedukasi anak-anak tentang pentingnya belajar Al-Quran sedini mungkin dan diharpkan dapat menjadi wadah untuk saling belajar dan menambah ilmu pengetahuan bagi peserta kegiatan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline