Lihat ke Halaman Asli

Aisah Fitri

Mahasiswi

kesejahteraan untuk kota serang

Diperbarui: 11 Mei 2024   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Kesejahteraan Untuk Kota Serang

                                   Oleh Aisah Fitri

     Kesejahteraan  Indonesia seharusnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk di kota serang. Tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia sudah jelas yaitu menciptakan keadilan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tujuan tersebut merupakan dua hal yang harus dicapai bersamaan. Keadilan berarti bagaimana cara kita mengurangi kesenjangan dan ketimpangan antara kelompok pendapatan maupun antara daerah di Indonesia. Tantangan yang sangat nyata saat ini adalah bagaimana mengentaskan kemiskinan, bagaimana masyarakat Indonesia terutama generasi muda mampu menjadi sumber daya manusia yang produktif yang memiliki inovasi agar memiliki kemampuan untuk bersaing di dalam negeri maupun di dunia internasional.

     Kota Serang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia, memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Serang telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam berbagai aspek, termasuk ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi masyarakat Kota Serang, seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, dan keterbatasan akses terhadap fasilitas kesehatan. dan kualitas pelayanan kesehatan yang kurang baik. Hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan bagi masyarakat kota serang.

      Selain itu, masih banyak masyarakatnya yang belum merasakan kesejahteraan secara  merata. Hal tersebut berdasarkan pada pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Seperti banyaknya pengemis dan pemulung yang ditemukan di jalanan. Umumnya mereka ditemukan sejak usia anak-anak hingga dewasa. Kemudian berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten tahun 2024 ditemukan bahwa tingkat pengangguran di kota serang adalah sebesar 425 ribu orang atau 7,02%. Jika terus dibiarkan seperti ini, maka kesejahteraan masyarakatnya akan semakin rendah dalam berbagai bidang sehingga akan menyebabkan kota serang akan menjadi kota tertinggal dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

      Kesimpulannya, pemerintah daerah berperan penting dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat kota serang. Dengan cara meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam berbagai bidang. Seperti, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi, dan bidang sosial. Demikian diharapkan akan bisa membangun kota serang yang sejahtera, adil, dan makmur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline