Lihat ke Halaman Asli

airin pangastuti

everyday is miracle

Refleksi Keheningan

Diperbarui: 31 Desember 2021   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo


"Life can only be understood backwards; but it must be lived forwards." (Søren Kierkegaard)

Syukur Alhamdulillah, diantara kesibukan masalah pekerjaan yang bertubi2 setelah liburan Natal, akhirnya kemarin saya bisa duduk diam hening cukup lama dan masuk menyelam ke dalam.

Dan dalam duduk hening tanpa niat intensi selain bertemu dengan Diri, saya mendapat fenomena indah yakni seakan saya dihadapkan "jalan lurus" yang di ujung  nya nampak kosong terang benderang tapi tidak menyilaukan, kemudian di kanan kiri sepanjang jalan nampak membentuk dinding layar,  lalu terasa saya mengalir meluncur pelan ke arah ujung jalan dimana layar kanan kiri nampak terputar scene2 kehidupan saya baik di masa lalu di kehidupan ini maupun di kehidupan lain (multiverse/paralel universe? past life?) yang memang sudah saya tangkap sewaktu di meditasi, hipnoterapi maupun mimpi.

"Semuanya terlihat indah, ada canda tawa maupun tangis pilu, bermakna, semangat dan hidup." 😁🤣😞😭😍😌

Dan akhirnya sampai di ujung yang kosong terang benderang, saya melebur menyatu dan lanjut ke keheningan kenetralan ketenangan yang dalam, damai cinta kasih sampai selesai duduk hening.

Dari pengalaman tersebut dapat direfleksikan bawah kita ada saat ini terbentuk dari rangkaian kisah pengalaman diri di masa lalu yang banyak memberikan pelajaran berharga dan kebijaksanaan2 sebagai bekal untuk menempuh hidup di saat ini dan, alhamdulillah bila ada rejeki, kesempatan hidup di masa datang.

Dimana saat ini/ present moment & masa depan/ future time tersebut digambarkan dengan ujung jalan lurus yg kosong terang benderang, yang masih bebas kita isi dengan karya tindakan/karma kita.

Tergantung dari kita mau mengisi nya dengan film kehidupan yang penuh harapan, percaya, kasih & syukur ataukah yang penuh keraguan, penyesalan, kebencian & ketidakpuasan.

Maka dari itu di hari terakhir tahun 2021, sudahkah kita merefleksikan semua yang sudah kita lalui? Dan sudahkah kita mensyukuri nya serta memaknai, menarik pelajaran & kebijaksanaan dari pengalaman tersebut?
Dan sudahkah memiliki semangat, rencana & optimisme untuk hidup kita selanjutnya?

dan akhirnya dengan senyum syukur berkata mantap..

Terima kasih 2021, Selamat datang 2022

Tuhan memberkati 🙏🤍😇

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline