Lihat ke Halaman Asli

Airani Listia

TERVERIFIKASI

Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Imunisasi Rotavirus Gratis pada Bayi, Yakin Mau Dilewatkan?

Diperbarui: 4 September 2023   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi bayi imunisasi I sumber: pexels.com/Los Muertos Crew

Menjelang HUT 78 RI kemarin, Kementerian Kesehatan memberikan kado yang sangat istimewa untuk seluruh bayi dan keluarga di Indonesia. Apakah ada yang mengetahui vaksin rotavirus (RV)?

Sesuai berita pada sehatnegeriku.kemkes.go.id (13/08/2023), kado istimewa HUT 78 RI itu adalah pemberian imunisasi RV yang telah dilaksanakan secara nasional di Sulawesi Selatan pada 15 Agustus 2023 lalu. Imunisasi rotavirus dilakukan serentak pada 15 Agustus 2023 di Indonesia.

Untuk wilayah DKI Jakarta, menurut berita timur.jakarta.go.id (15/08/2023), launching imunisasi itu dilakukan pertama kali di RPTRA Garuda Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur.

Imunisasi rotavirus (RV) selanjutnya diberikan secara gratis pada seluruh bayi baru lahir sesuai tahapan usianya. Wah, saya langsung bersorak-sorai mendengar kabar tersebut.

Sayangnya, anak saya sudah terlewat usia pemberian imunisasi rotavirus gratis. Namun, saya sangat senang, bayi saya sudah mendapatkan imunisasi PCV sebagai perlindungan diri.

Imunisasi RV diberikan untuk bayi yang lahir pada 16 Mei 2023 ke atas. Imunisasi rotavirus ini, berupa imunisasi tetes ke mulut (oral) pada bayi berusia 2 bulan, dengan pemberian 3 dosis secara bertahap pada jarak 4 minggu antar dosis. Dan pemberian imunisasi rotavirus terakhir dilakukan pada bayi maksimal berusia 6 bulan 29 hari.

Diare berbahaya akibat rotavirus pada bayi

ilustrasi anak sakit I sumber: pexels.com/CDC

Apakah kalian mengetahui berapa biaya imunisasi rotavirus di Indonesia? Dari informasi hellosehat.com, biaya imunisasi rotavirus berkisar sekitar 300 ribu ke atas, tergantung jenis vaksinnya. Lumayan mahal juga, bukan?

Keterangan lebih lanjut dijelaskan pada sehatnegeriku.go.id yang mengatakan bahwa diare menjadi salah satu penyebab penyakit dan kematian tertinggi pada bayi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline