Lihat ke Halaman Asli

Airani Listia

TERVERIFIKASI

Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Orangtua Belajar dari Anak Kecil, Mengapa Tidak?

Diperbarui: 15 Agustus 2023   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi orangtua dan anak I Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk

Anak, seseorang yang paling riang di muka bumi. Anak selalu membawa suasana positif pada orang yang berada di sekitarnya. Namun, seorang anak akan selalu dianggap anak kecil oleh orangtua. Walaupun usianya sudah sangat dewasa, dan sudah memiliki keluarga sendiri.

Bukan karena kamu sebagai anak tidak dipercaya oleh orangtua, tetapi untuk orangtua, seorang anak selalu menjadi bayi imut yang lucu, dan penuh keceriaan. Orangtua ingin selalu mengingat sosok anaknya di masa kecil. Orangtua ingin selalu memberikan kasih sayang padamu, seperti ketika kamu masih kecil.

Namun, dari sosok anak kecil, orangtua juga bisa belajar, lho. Bahkan sangat banyak yang bisa dipelajari orangtua dari sosok anak kecil. Pelajaran yang akan berguna untuk kehidupan orangtua.

Tubuh mungil yang memberikan banyak pelajaran berharga

ilustrasi bermain bersama anak I Sumber: pexels.com/Gustavo Fring

Anak kecil memang mempunyai tubuh mungil. Eh, jangan salah, seperti peribahasa yang sudah populer sejak zaman dulu, "kecil-kecil cabe rawit". Walau punya tubuh kecil, anak kecil itu cerdik, dan pemberani.

Anak yang masih berusia di bawah 12 tahun, selalu dipenuhi dengan rasa penasaran yang amat sangat. Mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Mudah mengerti keadaan, dan selalu ada saja akal untuk memecahkan masalahnya. Ya, walau terkadang solusinya bisa membuat orangtua tertawa karena lucu. Selain itu, anak kecil juga sangat pemberani.

Seorang anak selalu ceria dalam segala situasi. Sedihnya seorang anak kecil tidak akan berlangsung lama. Dengan mudah tertawa kembali, dan melupakan kesedihannya dalam beberapa saat. Artinya, anak kecil selalu bangkit dari keadaan yang membuat mereka sedih.

Mereka tidak ingin terlarut dalam kesedihan, dan ingin kembali bermain ceria bersama teman-temannya lagi. Mereka memilih untuk terus bahagia dengan kegiatan lain yang menyenangkan.

Ada hal unik juga yang selalu dilakukan oleh anak kecil, mereka akan bermain dengan siapa saja, asal bisa bermain bersama dengan senang. Anak kecil berusaha bersikap netral, tanpa membedakan teman. Anak yang usianya masih kecil, juga cukup mudah memaafkan, dan meminta maaf.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline