Lihat ke Halaman Asli

Airani Listia

TERVERIFIKASI

Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Cara Unik Merayakan HUT RI ke-78, Melaju Memerdekakan Diri

Diperbarui: 8 Agustus 2023   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi melaju memerdekakan diri I Sumber: pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro

Wah, ternyata sudah memasuki bulan Agustus, bulan yang istimewa untuk seluruh masyarakat Indonesia. Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023, Indonesia mengusung tema yang sangat keren. HUT RI ke-78 tahun ini, bertemakan "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Semua orang kini tengah sibuk mencari ide, bagaimana cara merayakan HUT RI ke 78 dengan unik, dan menarik? Jadwal Rangkaian Kegiatan HUT RI pun, sudah tersusun rapi.

ilustrasi bermain angklung I Sumber: pexels.com/Teguh Dewanto

Sebagian kegiatan sudah terselenggara. Pemecahan rekor dunia yaitu Guinness World of Records (GWR) Angklung Tahun 2023 dengan total 15.110 orang bermain angklung. Diselenggarakan pada 5 Agustus 2023 kemarin, bersama Ibu Negara Iriana Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kemudian, peragaan busana Istana Berkebaya yang diikuti perwakilan perempuan Indonesia dari berbagai usia, dan profesi, sepanjang 200 meter pada 6 Agustus 2023 di depan Jl. Istana Merdeka. Banyak juga pasti para Kompasiner yang saat ini sedang menjadi peserta lomba, atau panitia lomba 17-an yang sedang berjalan.

Kondisi saya yang tidak memungkinkan untuk aktif di luar rumah karena sedang mengurus bayi, membuat saya memilih melakukan sesuatu yang berbeda untuk merayakan Kemerdekaan RI tahun ini.

Cara ini mungkin terkesan unik, atau mungkin aneh, tetapi bagi saya sangat berguna untuk mewujudkan Indonesia Maju, yaitu memerdekakan diri melalui pengembangan diri. Bagaimana caranya?

Memupuk keinginan untuk terus belajar

Kebiasaan belajar mampu mengembangkan pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat untuk orang lain. Bahkan hasil belajarmu mungkin suatu saat juga berguna untuk Indonesia.

Memupuk keinginan untuk terus belajar sepanjang hayat menjadi cara pengembangan diri yang baik. Hasil belajarmu kelak bisa menjadi prestasi. Apalagi, kalau kamu bisa membanggakan Indonesia dengan berprestasi di ranah internasional. Sebagai pemuda pemudi Indonesia, yuk, terus belajar untuk negeri!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline