Lihat ke Halaman Asli

Airani Listia

TERVERIFIKASI

Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Pekerjaan Idaman, di Balik Senyuman Manis Resepsionis Hotel

Diperbarui: 31 Juli 2023   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi resepsionis hotel I sumber: pexels.com/Mikhail Nilov

Setiap mengunjungi tempat asing untuk berlibur atau dalam perjalanan bisnis, hotel menjadi tempat singgah tepat untuk beristirahat sejenak. Nah, saat kita datang ke hotel, selalu ada pegawai hotel yang sudah siap di posisi masing-masing untuk membantu tamu.

Saya bukan orang yang sering berkunjung ke hotel, tetapi sempat beberapa kali menginap di hotel saat berlibur bersama keluarga. Ada satu pekerjaan yang menarik minat saya setiap mengunjungi hotel. Resepsionis hotel yang selalu tersenyum ketika tamu datang, buat saya terlihat unik.

Untuk sebagian orang yang jarang datang ke hotel, mungkin melihat resepsionis yang sering tersenyum termasuk hal yang aneh. Sedangkan untuk orang yang sering datang ke hotel, hal ini menjadi pemandangan yang wajar. Namun, resepsionis yang bisa terus tersenyum ramah di depan para tamu terlihat sangat mengesankan bagi saya.

Bagaimana saya tidak terkesan? Menjaga senyum stabil saat bekerja, bukan sesuatu yang mudah.

Resepsionis jantungnya hotel

ilustrasi check in hotel I sumber: pexels.com/Mikhail Nilov

Orang menyangka, menjadi resepsionis hotel pekerjaan yang sepele. Hanya sekadar menyapa tamu, bersikap ramah, membantu check in, check out, dan menerima pembayaran dari tamu. Padahal, resepsionis itu jantungnya hotel, lho!

Belum lama ini, telah viral sebuah kasus mengenai tamu yang tinggal di salah satu hotel bintang lima di India selama hampir 2 tahun, dan berhasil check out tanpa melakukan pembayaran. Duh, saya tidak bisa membayangkan seberapa banyak kerugian yang dialami hotelier dalam kasus tersebut.

Kabarnya, manajemen hotel telah melaporkan beberapa pegawainya yang ikut bersekongkol melakukan kecurangan, sehingga tamu tersebut bisa leluasa tinggal di hotel tanpa membayar.

Dari kasus ini kita belajar, zaman bisa berubah semakin maju, pembayaran hotel dipermudah dengan sistem online. Namun, tidak semua orang bisa menjadi pekerja yang jujur, berintegritas, dan memegang kepercayaan dalam bekerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline