Lihat ke Halaman Asli

Aira Anugrah

Mahasiswa

Peran Ekonomi Pembangunan dalam Mewujudkan Pertumbuhan Berkelanjutan dan Pemerataan Kesejahteraan

Diperbarui: 20 April 2024   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran ekonomi pembangunan dalam mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan dan pemerataan kesejehteraan merupakan hal yang tidak terbantahkan dalam upaya menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat global. Ekonomi pembangunan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, tetapi juga untuk memastikan bahwa pertumbuhan tersebut berlangsung secara berkelanjutan, memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan kebutuhan generasi saat ini dan masa depan. Ekonomi pembangunan juga memiliki peran penting dalam mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan dan pemerataan kesejahteraan 

Pembangunan ekonomi berkelanjutan proses pembangunan dalam sektor ekonomi yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekan dan masa depan, serta tidak mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan dan setiap warga negara dapat terlibat langsung dalam setiap kegiatan ekonomi.

Konsep ekonomi berkelanjutan mencakup pendekatan yang lebih terintegarasi dan komprehensif yang menggabungkan faktor sosial dan faktor lingkungan dalam proses ekonomi pembangunan. karena tujuan ekonomi pembangunan bukan hanya untuk menciptakan kekayaan, tetapi juga untuk memastikan bahwa kekayaan tersebut di distribusikan secara adil diantara seluruh anggota masyarakat. Hal ini membutuhkan bantuan dari pihak pemerintah dan masyarakat, agar tercapainya ekonomi pembangunan yang berkelanjutan yang bertanggung jawab sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, ekonomi pembangunan berperan penting dalam meminimalkan kesenjangan ekonomi dan meningkatkan akses terhadap peluang ekonomi bagi semua lapisan masyarakat, Sehingga meciptakan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan dan pemerataan kesejahteraan yang baik dan berkesinambungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline