Lihat ke Halaman Asli

Aktif di Kampus Bikin Buang-Buang Waktu Aja?

Diperbarui: 5 Oktober 2023   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa aja sih yang bisa kita lakukan dikampus selain belajar di kelas? Banyak hal yang bisa kita lakukan. Bukan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang, tetapi juga bermanfaat untuk menambah soft skill kita.

Di kampus sering kita dengar tentang organisasi, Ya! Organisasi yang sangat beragam, mulai dari yang biasa-biasa aja sampai yang "supremacy" tapi, semua pasti punya tujuan yang baik dibidang nya masing-masing.

Adanya beberapa kegiatan dikampus juga sebagai tempat untuk mencoba berbagai hal sebelum kita beranjak ke tahap setelah kuliah, seperti apa yang dikatakan oleh salah satu dosen saya bahwa "mencobalah segala hal di kampus, cobalah untuk gagal, cobalah untuk bangkit dan belajarlah. Karena setelah kuliah bukan lagi waktu kalian untuk belajar"

Tidak ada salahnya kita aktif di kampus, asal dengan tujuan yang positif dan membangun, dengan begitu "aktif" kita dikampus akan lebih bermakna bukan hanya sekedar "KuRa-KuRa".

Ada beberapa keuntungan menjadi mahasiswa aktif yang perlu kita ketahui, diantaranya ;

  • Bisa menjadi wadah implementasi materi perkuliahan
  • Jembatan kita untuk menaikkan value diri
  • Bahkan jadi wadah kita yang ingin student exchange
  • Tentunya membantu kita sebagai mahasiswa keluar dari zona nyaman

Dengan berbagai keuntungan yang kita dapat tersebut tentunya lebih pas lagi kalau didukung oleh kurikulum merdeka yang memiliki beberapa program untuk menunjang perkuliahan hingga kelulusan. Contohnya kampus saya sendiri, dikampus mahasiswa diberikan kesempatan untuk lulus tanpa skripsi, lewat program-program seperti PIMNAS atau lomba-lomba, hal tersebut merupakan salah satu implementasi keaktifan yang membuahkan hasil didunia pendidikan.

Beberapa organisasi dan volunteer juga bisa menjadi wadah kita untuk mengembangkan diri, bagaimana kita bersikap dengan teman-teman yang memiliki berbagai sudut pandang juga belajar untuk keluar dari zona nyaman.

Aktif boleh, asal jangan lupa akan peran kita sebagai mahasiswa, yakni;

  • Sebagai Iron Stock
  • Sebagai Agen of change
  • Sebagai Guardian of value
  • Sebagai Kalangan Intelektual
  • Sebagai Social Center

Kalau ada pro pasti ada kontra nya juga, mungkin memang menarik untuk aktif diampus dengan berbagai pengalamannya tetapi ipk yang bagus dengan predikat cumlaude siapa yang tidak mau?

Hal tersebut bisa kita dapatkan dengan konsisten yang kita berikan pada mata kuliah selama 4 tahun. Tapi kalau bisa kita dapat keduanya antara ipk dan berbagai pengalaman kenapa tidak? Itu semua kembali ke pilihan kita untuk bersikap.

Semua hal yang ada dikampus merupakan wadah kita untuk belajar dan berkembang, kita bebas untuk memilih segala hal untuk diri kita. Tanggung jawab adalah kunci utama yang membentuk diri kita akan menghasilkan hasil seperti apa. Tetap berproses dengan positif dan bertanggung jawab, seperti kata orang-orang "mimpi tanpa aksi sama saja tertidur di siang hari".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline