Lihat ke Halaman Asli

Ai Nursyifa

Mahasiswa

Then or Now

Diperbarui: 29 April 2021   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kehidupan zaman dulu dan sekarang jelaslah berbeda, hampir semua kehidupan yang ada pada zaman dulu sekarang sudah berkurang bahkan menghilang, entah itu budaya, tradisi, kebiasaan, ataupun permainan.
Kita ambil saja contoh permainan

Permainan jaman dulu dan sekarang jelas berbeda dan berbanding terbalik dengan permainan di zaman dulu, baik dilihat dari segi fungsinya, manfaatnya, dan cara memainkannya.


Permainan pada zaman dulu lebih banyak melibatkan aktivitas fisik yang baik untuk melatih otot, kesehatan,dan mempunyai aturan yang harus di lakukan dalam setiap permainan.


Selain itu permainan zaman dulu juga lebih mengutamakan kebersamaan, kerja keras, kerja tim , dll, agar terciptanya sebuah kemenangan atau keberhasilan.


Hal ini jelas berbanding terbalik dengan zaman sekarang karena kebanyakan permainan sekarang lebih banyak dilakukan dengan cara duduk-duduk santai,tiduran,dsb, yang dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja. Yang secara tidak langsung itu menyebabkan terganggunya kesehatan.


Permainan zaman dahulu selain mereka bermain  hal lain yang mereka juga bisa dapatkan secara tidak langsung adalah olahraga, baik secara fisik ataupun secara batin yang dapat melatih kebugaran jasmani, kesehatan tubuh, kecerdasan berfikir, dsb.
Hal ini jelas berbanding terbalik dengan permainan zaman sekarang yang mungkin jika pola hidup sehat tidak di terapkan malah bisa merusak kesehatan dan kebugaran yang disebabkan dengan sebuah kebiasaan, dan hal sepele dalam memainkan sebuah permainan.


Selain permainan tradisi dan adat istiadat  antara dulu dan sekarang pun berbeda, tidak perlu di jelaskan satu per satu pun kalian semua sudah tau bahkan mungkin salsatu diantara kalian sudah merasakannya, dan bahkan menjadi salsatu pelaku penerapan perubahan tradisi dan adat istiadat antara zaman dulu dan sekarang.


Tidak jauh berbeda dengan permainan tradisi dan adat istiadat pun berbanding terbalik antara dulu dan sekarang, khususnya pada penampilan atau fashion, orang di zaman sekarang lebih mengutamakan serta lebih Mengkiblatkan berpenampilan ke barat baratan  dibanding dengan tradisi dan kedaerahan, karena mereka berfikir bahwa fashion zaman dulu kuno, tidak menarik dan ketinggalan zaman, akhirnya dunia barat lah yang menjadi patokan.


Tidak hanya pakaian ,penampiln atau fashion saja, masih banyak lagi perbedaan antara zaman dulu dan sekarang yang mungkin kita telah saksikan dan telah merasakan.

Oleh karena itu kita sebagai generasi muda jangan sampai salah dalam memilih dan menetukan, perbedaan pasti terjadi tapi jangan sampai menghilangkan ciri khas sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline