Lihat ke Halaman Asli

AINUR RIFKA

Mahasiswa

Apakah Anak Anda Pengidap Disleksia, Coba Perhatikan Ini

Diperbarui: 23 November 2022   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pastinya, semua anak tidak hanya memiliki kelebihan saja. Tetapi, ada juga anak yang dianugerahi tuhan kekurangan. Kekurangan ini bisa jadi dalam hal belajar maupun yang lain. Salah satu kesulitan belajar yang terjadi pada anak umumnya adalah disleksia. Apa itu disleksia?. Perlu bagi orang tua tahu mengetahui hal ini terutama untuk para ibu. 

Disleksia ini adalah gangguan atau hambatan anak dalam proses belajar yaitu dalam hal mengeja kata. Baik itu cara pelafalannya maupun cara penulisannya. Menurut homsbay dan sodiq disleksia sendiri merupakan bentuk kesulitan belajar dari segi membaca dan menulis utamanya dalam hal mengeja kata yang benar dan mengungkapkan pikiran mereka dalam bentuk suatu tulisan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap perkembangan belajar anak. 

Dimana anak tersebut tidak seperti siswa lainnya yang cepat tanggap dalam memperoleh ilmu. Adapun ciri-ciri anak pengidap disleksia ini diantaranya seperti, lambatnya dalam membaca tulisan, membuat kata-kata sendiri yang tidak tercantum dalam teks, sering menambah-nambahkan kata yang tidak ada dalam teks. 

Hal inilah yang membuat orang tua harus lebih memperhatikan anaknya dalam proses belajar, apakah anak anda mengalami kesulitan saat belajar atau tidak. Karena jika orang tua tidak tahu apa yang dialami oleh anaknya, maka anak tersebut tidak akan berkembang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline