Lihat ke Halaman Asli

AINUR RIFKA

Mahasiswa

Jangan Samakan antara Anak Autis dengan Anak yang Mengalami Retardasi Mental

Diperbarui: 16 November 2022   05:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa anak autis itu hampir sama dengan anak yang mengidap retardasi mental. dikarenakan mereka mungkin hanya sekedar melihat hal tersebut dan langsung menyimpulkan apa yang mereka lihat tanpa tahu kebenarannya. Ternyata pada kenyataannya autis dan retardasi itu memang berbeda. 

Baik itu dari definisi, gejala, dan apa penyebabnya. Mungkin, kita pernah melihat anak autis yang melakukan aksi memukul diri mereka sendiri dan juga mereka biasanya ngamuk tanpa alasan yang jelas. 

Ternyata hal ini adalah gejala-gejala yang cenderung terjadi pada pengidap autis karena mereka memang sulit untuk berkomunikasi dan mereka juga memiliki emosional yang tak terkendali sehingga mereka sering mengulangi apa yang mereka lakukan. 

Mereka melakukannya tidak hanya sekali, tetapi berulang kali karena ia fokus terhadap satu objek saja. Maka dari itu ia lebih fokus terhadap itu-itu  saja. hal semacam ini kerap terlihat menarik bagi kitabkarena jika dilihat-lihat mereka memiliki gerakan atau tingkah laku yang unik dan aneh. 

Sedangkan, penyebab utama autis ini adalah faktor genetik dari  kedua orangtua mereka. Kemudian retardasi mental adalah nama lain dari keterbelakangan mentalmental.  

Hal ini dapat terjadi karena bisa jadi anak tersebut di lahirkan secara prematur. Akibat dari hal ini mereka akan memiliki kecerdasan dibawah rata-rata orang pada umumnya. Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa autis dan retardasi mental itu berbeda. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline