Lihat ke Halaman Asli

AINUR RIFKA

Mahasiswa

Bagaimana Cara Agar Bisa Public Speaking Seperti Najwa Shihab

Diperbarui: 11 November 2022   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Sering kali orang-orang mengeluhkan bagaimana cara agar bisa tampil di depan publik atau masyarakat ,tapi tidak merasa malu untuk maju. Mungkin semua orang bisa untuk disuruh berbicara, tetapi tidak untuk berbicara di depan umum. Mungkin karena mereka kurang terbiasa akan hal tersebut. Bisa juga karena mindset kita berpikir kalau kita tidak bisa. 

Hal inilah yang harus kita perhatikan bahwa kita harus berpikir kita itu bisa melakukannya. Karena mindset kita dapat mengubah diri kita sendiri untuk melakukannya selagi kita punya niat. 

Kemudian masalah yang lain ialah masyarakat berpikir atau beranggapan tampil kedepan adalah salah satu tantangan yang ekstrim, karena yang melihat mereka tidak hanya satu tetapi banyak dan mereka juga merasa berbagai sorot mata tertuju pada mereka yang membuat perasaan mereka menjadi tegang dan takut. 

Bagi mereka adalah suatu tidak kenyamanan tersendiri. Tetapi, mereka yang sudah terbiasa untuk tempil ke depan umum itu adalah suatu hal yang biasa saja. Seperti artis yang kita tahu akan pembawaan public speakingnya yang baik yakni, Najwa Shihab. 

Beliau berpendapat bahwa jika kita ingin tampil di khalayak umum, kita harus kuasai materi apa yang ingin kita sampaikan dan kita juga harus membaca banyak apa-apa hal penting untuk persiapan diri. 

Kemudian jangan lupa juga sebelum maju, kita Tarik nafas dahulu supaya kita mendapatkan rasa ketenangan dalam diri kita dan membawa minyak kayu putih serta minum teh hangat. Inilah beberapa tips atau cara agar kita tidak tegang untuk tampil kedepan menurut Najwa Shihab.  

Sebenarnya banyak cara agar kita bisa public speaking, diantaranya yaitu percaya diri atau biasanya kita sebut pede. kemudian cara yang lain seperti, kita bisa memulai rajin berlatih di depan cermin, tuliskan apa saja poin-poin penting materi yang ingin kita sampaikan. Lalu, kita juga harus berusaha untuk menerapkan sikap positive thinking bahwa kita bisa melakukannya. 

Kemudian ubahlah mindset kalian yang kalian pikir itu tidak bisa menjadi bisa. Karena, dengan cara-cara ini kita lebih bisa menguasai audience. Dari cara-cara inilah kita bisa mengurangi rasa tegang dan grogi pada diri kita sehingga nantinya kita tidak malu pada saat tampil. Maka dari itu kita harus tau trik atau cara apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan agar membuat public speaking itu dipandang bagus oleh orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline