Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Ainur Rizqi Firdaus

Mahasiswa Aktif Fakultas Hukum Universitas Jember

Magang MBKM Fakultas Hukum Universitas Jember Dongkrak Produktifitas Kegiatan PTSL ATR/BPN

Diperbarui: 14 Januari 2023   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dilansir dari Kementerian ATR/BPN Tetapkan Rencana Strategi PTSL Tahun 2021 – Dewan Nasional Keuangan Inklusif (snki.go.id) 

Disusun oleh : Elly Nursukma Setiyowati (NIM. 190710101071)

Magang MBKM

Pengertian Magang secara umum adalah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas dan wajib memberi bimbingan selama program. Di akhir program, peserta magang akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan, terutama dari atasannya secara langsung. Magang yang dilakukan oleh mahasiswa perkuliahan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa di instansi yang memiliki keterkaitan dengan program studi yang diambil oleh mahasiswa.

Terdapat program yang menjadi platform mahasiswa untuk melaksanakan magang yaitu Kampus Merdeka. Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Terdapat beberapa keuntungan dari adanya ProgramProgram Kampus Merdeka antara lain, kegiatan praktik di lapangan akan dikonversi menjadi SKS, eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester, belajar dan memperluas jaringan diluar program studi atau kampus asal, menambah ilmu yang didapatkan dari mitra berkualitas dan terkemuka.

Pada saat ini, Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan membekali mahasiswa agar dapat menjadi unggul di dalam dunia kerja, salah satunya dengan menjadikan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (Magang MBKM) sebagai bekal dan langkah awal mahasiswa untuk melangkah ke dunia kerja. 

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan magang melalui program pemerintah yang dinamakan dengan program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Dalam program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka disetarakan dengan 20 SKS yang di nyatakan dalam bentuk kompetensi yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti kegiatan Magang tersebut. 

Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka bekerjasama dengan beberapa mitra yang akan menjadi tempat mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang salah satunya adalah Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Jember. Penulis saat ini melaksanakan Magang Bersertifikat Kampus merdeka di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Jember pada bagian Program PTSL, sehingga dalam laporan akhir magang ini akan dijelaskan mengenai kegiatan magang yang dilaksanakan di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Jember pada bagian Program PTSL

Teknis Pelaksanaan Magang

Pada hari Senin, 29 Agustus 2022 penerjunan mahasiswa magang MBKM di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Jember. Mahasiswa diwajibkan datang pukul 08.00 WIB sekaligus mengikuti apel pagi acara penyambutan mahasiswa Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (Magang MBKM) Universitas Jember yang dibuka sambutan oleh Bapak Akhyar Tarfi, S.SiT., M.H. (Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Jember) setelah itu mahasiswa diberitahu bahwa akan mengikuti rapat bersama Kepala TIM yang dipimpin oleh bapak Mardi Siswoyo, A. Ptnh., M.M. yang membahas kelanjutan kerja dan pembagian tiaptiap Tim. Terdapat 5 (lima) tim yang masing-masing diisi oleh lima sampai enam orang. Penulis sendiri tergabung dalam Tim 3, yang dimana Tim 3 ini Terdiri dari lima orang.

Pada hari pertama, dimulai dengan kegiatan koordinasi terkait fokus kegiatan yang dapat dilakukan oleh peserta magang. Untuk tim 3 sendiri mendapatkan 3 (tiga) desa yang sedang mendaftarkan PTSL yaitu Desa Jenggawah, Desa Rambigundam, dan Desa Baletbaru. Ketiga desa tersebut telah sampai pada penyelesaian akhir yaitu cetak sertifikat dan pembagian sertifikat.

Selama melaksanakan Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, penulis mendapatkan hasil yang bermanfaat seperti memahami alur pendataran tanah melalui Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kantor Pertanahan ATR/BPN Jember. Alur pendafaran tanah melalui Program PTSL yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan ATR/BPN Jember antara lain :

  • Tahapan pengumpulan data fisik dan data yuridis
  • Tahapan penelitian data yuridis untuk pembuktian hak
  • Pengumuman data fisik dan data yuridis serta pengesahannya
  • Penyelesaian kegiatan PTSL
  • Penegasan konversi, pengakuan hak dan pemberian hak atas tanah
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline