Lukman Nurhakim atau yang lebih biasa dipanggil dengan nama Luki, lahir pada tanggal 17 September 1996. Ayah Luki bernama Ano dan ibu biasa di panggil Aisyah. Luki merupakan lulusan dari Universitas Islam Bandung atau biasa dikenal dengan sebutan UNISBA, luki lulus pada tahun 2019 dan merupakan Mahasiswa lulusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fikom) dengan jurusan Ilu Komunikasi. Luki menggeluti dunia peternakan di mulai pada tahun 2019 setelah lulus menjadi Sarjana Ilmu Komunikasi. Alasan mas Luki memilih usaha di bidang peternakan Karena di lihat dari peluang, membuka usaha penjualan daging ayam ini sangat dibutuhkan di Indonesia terutama daging ayam mempunyai harga yang lebih murah di banding dengan harga daging bebek, sapi, domba, ataupun sejenisnya.
Dengan modal yang di keluarkan tidak cukup besar dan bisa di bilang tergolong murah maka Luki akhirnya memilih untuk membuka usaha di bidang peternakan ayam. Tentu banyak pesaing-pesaing daging ayam di luar sana yang mungkin bisa menjual hasil panen-nya di harga yang lebih murah ke pasaran. Oleh karena itu, Luki berusaha mempertahankan dan memberikan kualitas daging yang berkualitas agar usaha nya dapat bersaing dengan agent- agent ataupun para pengusaha peternakan yang lain. Tidak hanya kualitas, Luki juga sering memperhatikan bagaimana pengelolaan tempatnya agar kedepannya bisa menghasilkan daging ayam yang berkualitas dan dapat bersaing di pasaran dengan harga yang tidak begitu jauh perbedaannya.
Luki selalu memfokuskan terhadap maintenance yang baik, karena Luki percaya dengan menerapkan maintenance yang baik di perusahaan-nya maka hasil panen pun akan selalu memberikan yang terbaik dan berkualitas untuk di jual kepada masyarakat umum. Luki selalu mengevaluasi setiap panen berlangsung untuk mengetahui hal apa yang harus di perbaiki, hal ini dilakukan Luki untuk selalu menjaga nama baik usaha nya yang telah di bangun sejak lama agar dapat terus bertahan dan dapat bersaing di dunia usaha peternakan.
Dengan menjaga kualitas ayam yang ada di peternakannya, Luki berharap agar bisa selalu ngasih yang terbaik kepada masyarakat luas, Luki juga selalu memperhatikan harga jual nya di pasaran agar tidak terjadi kenaikan yang sangat signifikan yang dimana akan membuat hasil penjualan berturun dari sebelumnya. Oleh karena itu, Luki selalu menjaga dan turun langsung untuk mengurus peternakan ayamnya agar selalu terkontrol baik itu dari hasil panen maupun harga jual di pasaran.
Kebersihan dan kesehatan ayam pun tidak luput dari perhatian Luki. Karena kembali lagi dengan tujuan dan juga pendirian dari mas Luki ini, ia ingin memberikan hasil panen yang kualitasnya terjaga dan juga memuaskan bagi para pelanggan-nya yang telah percaya kepada hasil panen dari peternakan mas Luki ini. Kepercayaan yang membuat mas Luki ini sangat memperhatikan kualitas dan juga selalu memberikan aturan ketat terhadap kesehatan ayam dan juga daging yang akan di jual atau di pasarkan.
Dari kerja keras mas Luki dalam menjaga kualitas hasil panen nya, akhirnya itu pun membuahkan hasil dengan keuntangan yang di dapat setiap bulannya. Jika hasil panen sesuai harapan dan bagus mas Luki mendapatkan Omset sekitar 50-60 juta dalam sekali panen dan dalam setahun itu peternakan mas Luki dapat melakukan panen sebanyak 8 kali. Karena dalam setahun itu mas Luki harus memastikan kesehatan dan juga kebersihan kandangnya, dengan demikian mas Luki selalu melakaukan sterilisasi kandang setiap sesudah panen, hal ini dilakukan Luki karena ia ingin mengantisipasi ayam ayam yang ada di perternakan nya itu tidak terjangkit penyakit-penyakit yang sering menyerang hewan, dimana dalam hal itu jika peternakan mas Luki ini di serang dengan penyakit itu bisa sangat merugikan dan juga dapat membuat omset turun drastis dan hal itu bisa mempengaruhi harga jual dan juga kualitas dari panen khususnya daging ayam yang akan di jual ke masyarakat umum.
Untuk sekarang mas Luki mempunyai target dalam memperluas bidang usaha peternakannya dengan menambah cabang baru di setiap kota nya yang ada di Indonesia. Karena pada saat ini mas Luki masih mempunyai satu peternakan yang ia telah bangun sejak lama. Mas luki yakin dengan hasil panen yang selalu bagus dan dapat diterima di masyarakat tidak menutup kemungkinan bahwa cabang kedua ataupun seterusnya akan segera di bangun dan di kembangkan kembali agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan pokok yang banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia.
Mas Luki saat ini menargetkan calon Customer nya dari kalangan menengah ke atas ataupun ke bawah. Untuk saat ini target mas Luki juga fokus untuk menengah ke atas, dengan kualitas daging ayam yang bagus banyak sekali perusahaan-perusahaan makanan cepat saji yang ingin bekerja sama dan menggunakan hasil panen dari mas Luki sebagai salah satu bahan yang harus ada. Karena perusahaan-perusahaan makanan cepat saji ini lebih banyak memesan daging ayam sesuai dengan kebutuhan yang ada, pemesanan daging ayam juga tergolong cukup besar dari segi jumlahnya, untuk memenuhi pesanan yang cukup banyak itu mas Luki selalu memperhatikan kondisi dari ayam-ayam yang ada di peternakan agar terhindar dari penyakit dan juga kesehatan serta daging yang di hasilkan nantinya akan memberikan kualiatas yang sangat baik untuk jadi pasokan di rumah makan cepat saji yang ada.
Hasil dari menjaga kualitas daging dari peternakan yang dimiliki mas Luki, para konsumen memberikan respon yang sanagat positif dan juga selalu berlangganan untuk membeli daging dari peternakan yang di miliki mas Luki, para konsumen mengaku puas dengan kualitas daging dari peternakan yang di miliki mas Luki, di liat dari kesehatan dan juga kesegaran para konsumen mengakui bahwa kualitas daging yang diberikan selalu terjaga kualitasnya. Tidak hanya menjaga kualitas daging, mas Luki juga selalu menjaga hubungan baiknya dengan pelanggan-pelanggan yang sudah mempercayakan dalam pasokan daging, mas Luki sangat bersyukur karena hasil dari kerja kerasnya selama ini membuahkan hasil juga, dengan melihat respon konsumen nya yang memberikan feedback yang positif terhadap kualitas dagingnya.
Selain mas Luki, ada dua orang karyawan yang dipekerjakan dalam menjalankan usaha peternakan ayam ini. Untuk selalu memerikan daging yang berkualitas kepada masyarakat luas mas luki juga selalu menanamkan kepada para karyawannya agar selalu memperhatikan kebersihan dan juga kesehatan ayamnya agar nantinya dapat memberikan daging yang segar dan juga sangat di sukai oleh para pelanggan tetapnya. Selain menjaga kepercayaan konsumen, dalam mengelola peternakan dengan baik juga mas luki berharap agar peternakannya selalu menjadi patokan ataupun pilihan dalam pasokan daging ayam kedepannya.
Mas Luki menggunakan modal pribadi nya dalam pembangunan peternakan ayam ini, dengan modal awal sekitar delapan ratus ribu (RP,-800.000) rupiah, mas Luki berhasil mengembangkan dan juga memasarkan hasil dari panen setiap tahunnya. Dengan modal awal itu mas luki mulai memperluas jaringan konsumen nya agar dapat memberikan omset yang diharapkan sedari awal. Dengan bekerja sama dengan beberapa mitra yang ada di Indonesia, mas Luki berhasil memasarkan hasil panennya. Sejak berkerja sama dengan mitra mas Luki selalu menanamkan kepercayaan pelanggan nya terhadap kualitas daging yang diberikan. Dengan menjaga kualitas daging ayam yang diberikan mas Luki kepada para mitra nya, mas Luki berharap bisa menjadi pemasok tetap untuk setiap kebutuhan di perusahaan-perusahaan besar makanan cepat saji. Dengan kuantiti yang selalu besar dalam pemesanannya, mas Luki tidak pernah menurunkan kualitas dari daging ayam hasil panennya, ia selalu menjaga dan juga memperhatikan kualitas dari hasil panen nya agar selalu bisa di terima dengan baik dan juga agar selalu memperpanjang waktu kerja sama yang telah di setujui.
Awal mula bekerja sama dengan para mitra yang ada di perusahaan makanan cepat saji yang terkenal di tanah air ini mas Luki selalu mencari informasi-informasi dari relasi yang ia punya, dengan selalu mencari informasi terkait mekanisme yang di perlukan dalam menjalin kerja sama, mas Luki mendapatkan beberapa tawaran dari jaringan relasi tersebut dan mas Luki tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk bekerja sama dengan perusahan makanan besar.
Dalam menjalani usaha nya, mas Luki tidak luput dari beberapa kali kegagalan yang menimpanya. Hasil panen yang tidak selalu bagus menjadi salah satu kegagalannya. Dalam setahun tidak menutup kemungkinan hasil panen ataupun omset yang menurun. Hal ini dikareanakan karena ayam-ayam yang ada di peternakan ada yang mati ataupun terkena Virus. Dengan begitu, mas Luki selalu memperhatikan dan juga menjadikannya pelajaran untuk kedepannya agar selalu memperhatikan kesehatan dan juga kebersihan kandang agar ayam- ayam yang ada di peternakan tidak terkena penyakit ataupun virus, hal itu mas Luki lakukan untuk mengurangi kerugian yang besar kedepannya.
Mas Luki memastikan bahwa produksiannya lebih cepat di bandingkan peternak ayam lainnya, oleh karena itu keunggulan dari peternakan ini bisa memberikan pasokan ayam yang berkualitas tentunya dengan waktu yang tergolong lebih cepat dari peternakan lain. Dalam 1 mas Luki bisa memanen ayam nya dan mulai bisa memasarkan hasil panennya kepada mitra- mitra perusahaan makanan cepat saji dan juga kepada mitra-mitra mikro yang dimana mitra ini berada di pasar-pasar modern ataupun tradisional.
Dalam hasil panen yang diperoleh mas Luki, banyak sekali hal-hal yang bisa dimanfaatkan untuk kemudian di jual kembali. Tidak hanya daging ayam yang mas Luki panen karena dari hasil panennya mas Luki juga memanfaatkan kotoran ayam nya menjadi pupuk organik sehingga bisa menjadi usaha sampingan untuk kemudian dijual kepada pengusaha tanaman. Oleh karena itu, agar tidak mencemari lingkungan sekitar, mas Luki membangun peternakan nya di area bebas pendudukan seperti di tengah sawah yang jauh dari pemukiman warga. Karena mas Luki tau dan mengerti jika membangun peternakan di lingkungan masyarakat, hal itu akan membuat kenayaman masyarakat terganggu oleh aktifitas maupun bau yang dihasilkan dari peternakan mas Luki. Mas Luki mempercayai menjadi seorang pengusaha di bidang peternakan ayam membawa banyak sekali manfaat, baik dari sisi penjualan maupun ke lingkungan sekitar.
Mas Luki berharap kedepannya usaha peternakan ayam segarnya dapat lebih berkembang dan memperluas jangkauan pasar yang ada saat ini. Selain itu, mas Luki juga berharap agar bisa konsisten dalam menjaga nama baik perusahaan nya untuk selalu memperhatikan dan menjaga kualitas dari hasil panen nya. Mas Luki percaya bahwa dengan hasil panen yang memuaskan akan membawa kepercayaan bagi para konsumen khusunya para pelanggan untuk tetap setia membeli daging ke peternakan mas Luki. Hal ini mas Luki sampaikan dalam sesi wawancara dan mas Luki juga menyampaikan bahwa menjaga hubungan baik anatara konsumen itu penting, karena dari mereka lah usaha mas Luki dapat berkembang secara cepat hingga saat ini.
Mas Luki juga sangat ingin memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal, hal ini dilakukan guna mendapatkan respon positif terhadap usaha peternakan ayam yang sedang di kembangkan, dan sesuai dari awal dikatakan, mas Luki berharap bisa membuka beberapa cabang baru peternakan di beberapa daerah yang ada di tanah air. Karena mas Luki ingin ikut serta dalam meningkatkan pasokan kebutuhan bagi masyarakat Indonesia khususnya di bidang daging ayam. Dengan membangun beberapa peternakan, mas Luki percaya bahwa hal itu akan membantu pertumbuhan ekonomi di sekitar peternakan yang di bangun. Dengan pembangunan peternakan, mas Luki berharap bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran yang sekian tahun bertambah angkanya. Dengan adanya peternakan ayam negri ini mempunyai manfaat bagi warga atau masyarakat setempat agar yang tadinya tidak mempunyai pekerjaan bisa mendapatkan pekerjaan dan penghasilan untuk menghidupi keluarganya di rumah.
Di tahun yang akan datang tentunya harapan yang begitu besar muncul dan akan selalu di perjuangkan demi mencapai target-target yang belum tercapai. Dari mulai peraturan- peraturan yang di terapkan kepada karyawan dan juga kepedulian terhadap karyawan, mas Luki berharap para karyawan nya bisa membantu dalam mewujudkan impian impian nya yaitu membangun peternakan di tempat lain. Mas Luki meyakini bahwa dengan memperlakukan karyawan layaknya keluarga, hal itu bisa membuat para karyawan menumbuhkan rasa loyalitas terhadap tempat dimana ia mendapat penghasilan. Untuk tempat peternakan baru nya mas Luki mempunyai gambaran untuk membangun persis di tengah sawah dan jauh dari pemukiman.
Tetapi jika ada teknologi ataupun alat yang bisa mencegah bau dari peternakan ayam ini menyebar ke pemukiman warga tidak menutup kemungkinan peternakan bisa di bangun di lingkungan warga sekitar. Dengan demikian pengeluaran dalam perawatan pun akan sedikit berkurang dan limbah dari peternakan bisa di manfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan pakan ikan ataupun pupuk organik yang dapat memberikan seribu manfaat bagi tanaman ataupun perkebunan yang ada di area peternakan. Dengan adanya timbal balik dari masyarakat, hal ini di yakini dapat saling membantu dalam berbagai sektor yang ada.
Dengan berbekal pengalam-pengalaman yang dimiliki, mas Luki berharap kerugian -- kerugian dapat teratasi dan berkurang kedepannya. Dengan mengevaluasi mulai dari perawatan, kebersihan, kesehatan ayam, pakan ayam, dan lain lain, hal itu bisa membuat peternakan menjadi salah satu yang terbaik dari peternakan lain. Dengan ini mas Luki berharap kedepannya banyak anak-anak muda yang bisa memanfaatkan kondisi dan situasi untuk belajar berbisnis atau mendapatkan pendapatan sendiri. Agar generasi selanjutnya dapat ikut serta dalam pembangunan perekonomian yang semakin maju dan membantu masyarakat- masyarakat sekitar dalam mengurangi pengangguran yang ada di mana-mana. Mas Luki juga berharap agar generasi muda tidak menyia-nyiakan ilmu yang telah di dapat dari sekolah maupun perguruan tinggi yang telah di lalui nya selama beberapa tahun terakhir.
Anak muda sekarang harus mempunyai semangat dalam membangun dan berguna bagi masyarakat lain agar semakin berkurangnya pengangguran yang ada di negri Indonesia ini. Dengan banyak nya generasi muda yang kreatif, hal ini dapat membawa trend positif bagi dunia bisnis yang ada di Indonesia, dengan pola pikir yang dimiliki anak muda dalam dunia bisnis tentu hal ini menjadi penentu bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H