Lihat ke Halaman Asli

Ainun Nadlifah

Guru Kelas di SD Negeri Jombatan 2

Rangkuman Koneksi Antar Materi Modul 3.1

Diperbarui: 13 Agustus 2024   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan wawancara  dengan Pimpinan/Kepala Sekolah SD Negeri Jombatan 2 tentang  tentang praktik pengambilan keputusan   

RANGKUMAN PEMBELAJARAN KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

KEGIATAN PEMANTIK

“Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik”
(Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best).Bob Talbert.

Dari kutipan di atas,sangat tepat sekali dan mencerminkan keterhubungan dari pelaksanaan program Guru Penggerak yang sudah saya laksanakan di angkatan 10 ini pada pembelajaran di kelas,bahwa mengajarkan anak berhitung dan membaca (calistung)  itu penting sebagai kemampuan dasar dalam memahami permasalahan kehidupan sehari-hari,akan tetapi Mengajarkan nilai-nilai budipekerti (budaya positif) pada anak untuk membentuk karakter agar anak mengetahui yang baik/yang benar jauh lebih berharga karena bagian dari kualitas jiwa manuasia yang punya harkat derajat dan martabat sebagai manusia yang selamat dan bahagia.

Bagaimana nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang kita anut dalam suatu pengambilan keputusan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita?

Nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang kita anut dalam suatu pengambilan keputusan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita karena kita memutuskan berdasarkan nilai2 yang kita percaya sehingga keputusan itu akan dapat berdampak pada diri sendiri orang lain,dalam organisasi ataupun masyarakat.

Bagaimana Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran dapat berkontribusi pada proses pembelajaran murid, dalam pengambilan keputusan Anda?

Sebagai pemimpin pembelajaran di kelas kita bisa menjadi teladan yaitu Pemimpin harus menjadi contoh bagi murid-muridnya. Dengan menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang ingin ditanamkan, pemimpin dapat menginspirasi murid-muridnya. Dan memfasilitasi lingkungan belajar yang aman ,nyaman dan Bahagia sehingga murid-murid mudah untuk bereksplorasi dan mengembangkan diri.

Sebagai pemimpin pembelajaran di kelas kita bisa mengajak diskusi karena dapat membantu murid-murid mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mengambil keputusan yang baik dan bersikap terbuka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline