Lihat ke Halaman Asli

AINUN MAGHFIROH

Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Bangun Kesadaran Etika Lingkungan Masyarakat Melalui Kegiatan "Sadar Sampah"

Diperbarui: 17 Desember 2022   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Beberapa Tempat Sampah Dari Kelompok 9 Kepada Pihak RT/RW

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan karena jika tidak diperhatikan maka akan menyebabkan dampak yang merugikan bagi lingkungan dan masyarakat. Kebersihan lingkungan juga menjadi syarat untuk menunjang kenyamanan bagi masyarakat sekitar. Akan tetapi kesadaran etika lingkungan masyarakat terhadap kebersihan masih kurang. Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan masih sering kali ditemui. Padahal jika dilihat lebih dalam, bencana seperti banjir tidak hanya disebabkan oleh cuaca saja, tetapi juga karena kecerobohan kita sebagai masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sampah yang dibuang sembarangan menimbulkan bau tak sedap 

Salah satunya terjadi di Jalan Terusan Ambarawa Kota Malang. Ramainya kawasan ini dengan banyaknya anak kos menjadi peluang usaha seperti berdagang dan kos-kos an. akan tetapi dengan adanya jalan/gang yang sempit membuat kawasan ini terbilang kumuh karena terdapat kebiasaan masyarakat dan anak kos yang kurang baik tidak membuang sampah pada tempatnya. Maka dengan gagasan ini mahasiswi Pendidikan Geografi kelompok 9 offering A mencoba turut berpartisipasi dalam kegiatan meningkatkan kesadaran etika lingkungan masyarakat melalui kegiatan "sadar sampah".

Kegiatan Social Education melalui poster

Ainun, salah seorang mahasiswi anggota kelompok 9 mengungkapkan bahwa kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Menurutnya, kesadaran etika lingkungan masyarakat perlu ditingkatkan seperti membuang sampah pada tempatya dan jika melihat sampah berserakan segera dibersihkan.

Kegiatan pertama yang dilakukan mahasiswi kelompok 9 adalah dengan menghubungi ketua RT setempat yakni Bapak Khoirul Anwar untuk konsultasi permasalahan terkait sampah yang terjadi di sekitar Jalan Terusan Ambarawa Kota Malang. setelah mendapat arahan dari pihak RT/RW terkait masalah dan alternatif solusi yang dapat dilaksanakan, kemudian anggota kelompok membuat poster yang akan ditempelkan di sekitar tembok serta menyiapkan beberapa tempat sampah karet yang nanti akan diletakkan di tempat-tempat yang rawan menjadi lokasi tempat pembuangan sampah sembarangan dan sekiranya tempat tersebut perlu diberi tempat sampah. Kegiatan aksi sosial ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 November 2022. Bersama ketua RT 04 RW 03 Bapak Khoirul Anwar mereka meletakkan tempat sampah di tempat-tempat yang telah diarahkan olehnya. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan dapat meningkatkan kesadaran etika lingkungan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di Jalan Terusan Ambarawa Kota Malang.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline