Lihat ke Halaman Asli

KKN 35 Desa Sabrang Ambulu

Mahasiswa Kolaboratif

Bersama Kita Bisa, dari Desa Kita Berdaya! Menuju Sabrang Desa Wisata

Diperbarui: 27 Juli 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu upaya pemerintah desa dalam memajukan wilayahnya adalah dengan cara mengelola sektor pariwisata. Sektor ini dirasa mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi desa. 

Dengan anugrah bentang alam yang indah dan keberagaman budaya, desa memiliki potensi yang besar untuk menjadikan pariwisata sebagai prioritas pembangunan. 

Beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh desa dalam mengembangkan sektor ini adalah penyebarluasan informasi destinasi wisata desa dan meningkatkan aksesibilitas sarana transportasi menuju lokasi wisata. 

"Perkembangan teknologi informasi yang pesat, dapat dimanfaatkan dalam menunjang berbagai sektor, dengan penerapan website ataupun media sosial sehingga semua masyarakat mengetahui potensi maupun kegiatan yang ada di desa Sabrang." Ungkap Koordinator Desa KKN [35] Desa Sabrang, Ambulu 

Salah satu konsep yang dapat dijadikan acuan oleh KKN [35] Desa Sabrang, Ambulu dalam pengembangan sektor wisata adalah Sustainable Development. 

Melalui penggabungan dua konsep pembangunan wisata desa dan pembangunan berkelanjutan dapat memunculkan satu konsep baru yakni pembangunan desa wisata berkelanjutan, agar nantinya Wisata yang ada di desa Sabrang dapat eksplor wisata keluar desa Sabrang, 

maupun ke luar kabupaten Jember sendiri, beberapa konsep yang akan di bawa mahasiswa KKN Kolaboratif [35] Desa Sabrang, Ambulu akan diawali tahapan analisa potensi dan kemudian akan di lanjut dengan proses konsolidasi pihak terkait.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline