**Teori Belajar Sosial** yang dikembangkan oleh **Albert Bandura** adalah teori yang mengemukakan bahwa perilaku manusia dapat dipelajari melalui pengamatan dan peniruan terhadap orang lain dalam lingkungan sosial. Teori ini menekankan pentingnya **modeling** (pemodelan) atau meniru perilaku orang lain dalam proses belajar.
Berikut adalah beberapa konsep utama dalam **Teori Belajar Sosial Albert Bandura**:
### 1. **Modeling (Pemodelan)**
Pemodelan atau modeling adalah proses di mana individu belajar perilaku baru dengan mengamati dan meniru perilaku orang lain, yang sering disebut sebagai model. Model ini bisa berupa orang tua, teman sebaya, guru, atau bahkan karakter dalam media (seperti televisi atau film). Individu lebih cenderung meniru perilaku yang mereka lihat memberikan penghargaan atau hasil yang positif.
### 2. **Pengamatan (Observational Learning)**
Bandura berpendapat bahwa banyak perilaku dipelajari dengan cara mengamati orang lain (model), tanpa pengalaman langsung. Ini disebut sebagai **pengamatan belajar** atau **observational learning**. Ada empat tahap utama dalam pengamatan belajar:
- **Perhatian**: Individu harus memperhatikan perilaku model yang sedang diperlihatkan.
- **Retensi**: Informasi yang diperoleh harus diingat untuk dapat digunakan kemudian.
- **Reproduksi**: Individu harus memiliki kemampuan fisik dan kognitif untuk meniru perilaku tersebut.
- **Motivasi**: Individu harus merasa termotivasi untuk meniru perilaku tersebut, biasanya karena penghargaan yang diharapkan atau pengaruh sosial.
### 3. **Penguatan dan Hukuman**