Lihat ke Halaman Asli

M. Falah Aditya

Universitas Sebelas Maret

KKN UNS Berikan Edukasi Terkait "Branding & Packaging" UMKM

Diperbarui: 28 Februari 2023   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKN UNS 2023 memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM di Desa Pojok, Mojogedang terkait branding dan packaging produk. Edukasi kepada masyarakat diberikan dalam rangkaian kegiatan "Workshop Branding&Packaging UMKM Desa Pojok" pada Sabtu, 4 Februari 2023. Adapun workshop dilaksanakan ruang BPD Desa Pojok dengan mengundang S. Condro Rini selaku Koordinator Rumah BUMN Yogyakarta sebagai pembicara.

Kepala Desa Pojok, Kukuh Ragil Putro, mengatakan bahwa dalam sambutannya bahwa UMKM menjadi faktor penting yang mendorong perekonomian. Maka ia berpesan kepada para pelaku UMKM di Desa Pojok agar bisa meningkatkan kualitas produk UMKM yang dijual melalui branding dan packaging produk yang lebih baik. Melalui kegiatan ini, ia berharap agar produk-produk UMKM di Desa Pojok bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Koordinator lapangan, Zahra, mengatakan bahwa kegiatan ini berutujuan untuk memfasilitasi UMKM yang ada di desa agar bisa berkembang lebih jauh. Menurutnya, pengenalan dan pengemasan produk menjadi sedikit dari banyaknya faktor pendukung yang bisa menarik konsumen untuk membeli produk-produk yang ada di pasaran.

"UMKM di Desa Pojok sendiri sudah jauh melangkah dalam artian sudah sampai mengurus PIRT dan sertifikasi halal. Jadi kami memberikan edukasi terkait branding dan packaging produk supaya bisa menarik konsumen yang lebih luas lagi," ucapnya.   

Salah satu peserta, Warti, mengaku senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini. Ia pun mengatakan banyak hal yang bisa diambil melalui kegiatan ini, terutama pentingnya pengemasan produk yang sederhana namun bisa menarik minat pembeli. Ia juga berharap produknya bisa lebih baik lagi setelah mengikuti kegiatan ini.

"Banyak sekali yang bisa dipelajari dan diterapkan. Semoga produk-produk saya kedepannya bisa lebih payu (laku) setelah dari sini," jawabnya ketika wawancara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline