Lihat ke Halaman Asli

Ainis OktaAwaliyah

INI IBU GURU

Felling Disaster Victim Bencana Alam Tsunami

Diperbarui: 26 September 2023   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Museum Tsunami aceh/Dok Pribadi

Bencana juga diartikan sebagai suatu gangguan fungsi sosial yang serius yang dapat menyebabkan meluasnya korban jiwa, materi atau lingkungan yang tidak mampu diatasi oleh orang yang mengalami musibah dengan sumber daya yang tersedia. 

Dengan demikian bencana terjadi karena sumber daya atau kapasitas yang tersedia tidak mampu untuk mengatasi ancaraman (musibah) yang menyebabkan korban jiwa, materi dan lingkungan. 

Beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab terjadi bencana adalah kondisi geografis, geolkool ogis, hidrologis dan demografis baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun faktor manusia. 

Akibat bencana dapat menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dapat menghambat pembangunan nasional pada uu no 24 th 2007.

Dari pengertian bencana di atas dapat disimpulkan bahwa bencana adalah suatu peristiwa atau kejadian yang disebabkan oleh faktor alam maupun ulah manusia, yang tidak dapat ditanggulangi tanpa bantuan dari orang atau pihak lain. 

Bencana membawa efek negatif yang luar biasa pada seluruh elemen kehidupan manusia. Adanya peningkatan berbagai masalah problem kesehatan fisik dan psikologis penyitas bencana jangka panjang. Itu bisa berupa penurunan kemampuan individu dalam melakukan penyesuaainaan diri karena berkaitan dengan perubahan kehidupan personal, interpersonal, sosial dan ekonomi pasca bencana.

Jembatan perdamaian/Dok Pribadi

Menurut Gregor (2005) sangat terasa pada sebagian orang akibat kehilangan keluarga dan sahabat, kehilangan harta dan benda, kehilangan akan makna kehidupan yang dimiliki, perpindahan tempat serta perasaan ketidakpastian karena kehilangan orientasi masa depan serta keamanan personal. 

Orang dewasa maupun anak-anak dampak bencana bervariasi dari jangka pendek sampai jangka panjang. Dampak emosional jangka pendek yang masih dapat dilihat dengan jelas meliputi rasa takut dan cemas yang akut, rasa sedih dan bersalah yang kronis, serta munculnya perasaan hampa. 

Namun tenang saja perasaan ini lama kelamaan akan hilang sendirinya seiring berjalannya waktu, jika dampak emosional yang panjang akan berlangsung lebih lama berupa trauma dan problem permasalahan pada kehidupan personal, interpersonal, sosial dan ekonomi pasca bencana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline