Lihat ke Halaman Asli

Aini Nur Milati

Mahasiswa KKN UNDIP

Perkembangan Digital di Era Pandemi, Mahasiswa KKN UNDIP Mensosialisasikan "PPKM" kepada Anggota UMKM

Diperbarui: 5 Februari 2022   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Perkembangan teknologi tidak dapat dihentikan meski sedang di masa pandemi covid-19, hal ini diperkuat dengan munculnya fasilitas digital yang semakin pesat. Tentu saja ini menjadi dorongan motivasi perluasan pemasaran bagi UMKM Desa, hal ini memiliki dampak yaitu pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien serta jangkauan pasar lebih luas.

Sebagai contoh adalah Desa Terwidi, yang memiliki permasalahan utama yaitu kurangnya edukasi dan minim nya pemahaman mengenai pelatihan bagaimana melakukan pemasaran secara digital. Para pelaku UMKM mengeluh mengenai penurunan pelanggan yang signifikan di masa pandemi. Sehingga mau tidak mau UMKM harus belajar untuk mengembangkan usaha dan promosinya melalui digital marketing.

Dokpri

Mengusung tema “PPKM” yaitu Pelatihan Pengembangan untuk Kewirausahaan dan Marketing, mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP mengajak para pelaku UMKM untuk beradaptasi menggunakan teknologi digital marketing dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Tahap pertama yaitu melakukan pelatihan yang dimulai dengan sosialisasi pengembangan modal, dan diteruskan dengan mengenalkan strategi pemasaran yaitu Marketing Mix meliputi Product (Produk), Price (Harga), Place (Distribusi), Promotion (Iklan), and People (Pelayanan). Selanjutnya dilakukan pendampingan kepada pengurus dan anggota UMKM untuk membuka toko digital melalui market place yang tersedia seperti Shopee dan Tokopedia.

Dokpri

Pada tahap kedua, mahasiswa KKN juga melakukan pendampingan terkait bagaimana mengoperasikan toko digital di market place (Shopee dan Tokopedia). Selain itu, mahasiswa KKN juga mendampingi bagaimana melakukan promosi melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, dan SEO (iklan digital). Mahasiswa KKN juga secara rutin memantau secara online melalui grup Whatsapp terkait bagaimana melakukan editing untuk promosi dan juga pelayanan kepada pelanggan.

Dokpri

Pada tahap akhir, mahasiswa KKN melakukan evaluasi terhadap perkembangan dari pelatihan digital tersebut. Evaluasi ini menyengkut seberapa jauh pemahaman dari peserta dan bagaimanakah dampak yang timbul dari pemasaran digital. Selain itu, juga dilakukan review mengenai hal-hal yang belum dilaksanakan dan butuh untuk ditinjau ulang.

Kegiatan ini juga didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Prof. Dr. Meiny Suzery, MS yang memberikan arahan melalui Microsoft Teams. Dengan pendampingan tersebut, mahasiswa KKN mendapat pengarahan dan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan, terutama mengenai pemecahan masalah di desa terkait.

Oleh : Aini Nur Milati, Mahasiswa Management, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegaro

Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Meiny Suzery, MS

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline