Lihat ke Halaman Asli

Sistem Birokrasi Negara Maju: Apakah Indonesia Sudah Melakukannya?

Diperbarui: 27 Oktober 2024   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sampingkuliah.blogspot.com 

Apa Itu Birokrasi?

Birokrasi menurut KBBI adalah cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan, yang banyak liku-likunya dan sebagainya. Dengan demikian, birokrasi adalah sekumpulan orang yang menjadi sebuah organisasi dengan rantai komando berbentuk piramida yang di mana semakin sulit bagi seseorang berada di tingkat atas.

Karakteristik Birokrasi

Menurut Max Weber, birokrasi memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:

  • Derajat spesialisasi atau pembagian tugas yang jelas
  • Adanya struktur kewenangan hierarkis dengan batas-batas tanggung jawab yang jelas
  • Hubungan antaranggota yang bersifat impersonal.
  • Cara pengangkatan atau rekrutmen pegawai yang didasarkan pada kecakapan teknis.
  • Adanya pemisahan antara urusan dinas dengan urusan pribadi yang akan menjamin pelaksanaan tugas secara efisien

Jenis-Jenis Birokrasi

1. The Cabinet Departments

Dimana jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang terbagi menajdi beberapa departemen berdasarkan spesifikasi fungsi dan tugasnya.

2. Federal Agencies

Dimana jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang berfungsi sebagai tangan kanan lemabga eksekutif dan mengerjakan tugas yang spesifik.

3. Federal Corporation

Dimana jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang berfungsi sebagai tangan kanan pemerintah sekaligus lembaga profit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline