Apa Itu Birokrasi?
Birokrasi menurut KBBI adalah cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan, yang banyak liku-likunya dan sebagainya. Dengan demikian, birokrasi adalah sekumpulan orang yang menjadi sebuah organisasi dengan rantai komando berbentuk piramida yang di mana semakin sulit bagi seseorang berada di tingkat atas.
Karakteristik Birokrasi
Menurut Max Weber, birokrasi memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:
- Derajat spesialisasi atau pembagian tugas yang jelas
- Adanya struktur kewenangan hierarkis dengan batas-batas tanggung jawab yang jelas
- Hubungan antaranggota yang bersifat impersonal.
- Cara pengangkatan atau rekrutmen pegawai yang didasarkan pada kecakapan teknis.
- Adanya pemisahan antara urusan dinas dengan urusan pribadi yang akan menjamin pelaksanaan tugas secara efisien
Jenis-Jenis Birokrasi
1. The Cabinet Departments
Dimana jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang terbagi menajdi beberapa departemen berdasarkan spesifikasi fungsi dan tugasnya.
2. Federal Agencies
Dimana jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang berfungsi sebagai tangan kanan lemabga eksekutif dan mengerjakan tugas yang spesifik.
3. Federal Corporation
Dimana jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang berfungsi sebagai tangan kanan pemerintah sekaligus lembaga profit.