Lihat ke Halaman Asli

Usung Tema TPBIS WIth Fun Mahasiswa Magang Ilmu Perpustakaan FIB Undip Lakukan Kegiatan Meronce dan Story Telling di Perpusda Kab. Semarang

Diperbarui: 18 Februari 2024   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu (31/01/2024), mahasiswa magang dari S1 Ilmu Perpustakaan FIB Undip melakukan kegiatan TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) With Fun dengan melakukan kegiatan meronce dan story telling bersama anak-anak TK Mulia Ungaran. TPBIS With Fun bersama anak-anak bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak mengenai perpustakaan agar mereka merasa familier, menumbuhkan semangat kebiasaan membaca, serta mengedukasi bahwa perpustakaan tidak hanya tempat untuk meminjam dan membaca buku namun tempat yang inklusif, ramah, serta memiliki banyak kegiatan menyenangkan.

Kegiatan ini dimulai dengan membacakan sebuah buku yang mengajarkan tentang cara meminta tolong yang baik dan benar. Kemudian dilanjutkan dengan mempersilakan anak-anak untuk membaca buku secara mandiri maupun dipandu oleh mahasiswa. Sebagai penutup sekaligus puncak kegiatan, anak-anak diajak untuk melakukan kegiatan meronce (membuat gelang) bersama-sama. Saat salah satu anak laki-laki ditanya akan diberikan kepada siapa gelang tersebut, ia menjawab, "Untuk kakak,". Beberapa anak yang lain dengan semangat mengatakan gelangnya akan diberikan kepada Ibunya. Mereka sangat bersemangat saat membuat gelang dan tampak bersungguh-sungguh. Hasilnya pun sangat beragam, unik, dan kreatif.

Dokumentasi pribadi

Kegiatan meronce memiliki berbagai manfaat yang sangat baik terutama bagi anak-anak. Diantaranya membantu anak untuk melatih fokus, meningkatkan kreatifitas dan motorik mereka. Harapannya, kesempatan dan kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan mengingat tingginya antusiasme anak-anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline