Lihat ke Halaman Asli

Aina Nabila

Mahasiswa

Seru! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Lakukan Optimalisasi UKS SD di Desa Bandar

Diperbarui: 12 Agustus 2023   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan Materi di SD Negeri Bandar 03

Bandar, Kab. Batang (25/07) – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan suatu usaha yang dilakukan setiap sekolah dalam meningkatkan kualitas kesehatan siswa, guru, hingga lingkungan sekolah itu sendiri. Terwujudnya UKS yang optimal di sekolah membutuhkan peranan dari setiap warga sekolah. Setiap warga sekolah harus paham mengenai konsep dan prinsip mengenai UKS itu sendiri. Siswa berperan penting dalam terwujudnya UKS yang optimal yaitu dengan menanamkan jiwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini dan memupuk keinginan untuk mengajak teman sebaya hingga keluarga untuk dapat berperilaku bersih dan sehat.

Menanggapi hal tersebut, Aina Nabila, mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 program studi keperawatan melaksanakan program kerja monodisiplin bertemakan “Optimalisasi Kelengkapan dan Pemanfaatan UKS sebagai Sarana Pelayanan Kesehatan di Sekolah”. Program tersebut dilaksanakan di dua sekolah dasar yaitu SD Negeri Bandar 02 pada hari Selasa, 25 Juli 20223 dan SD Negeri Bandar 03 pada hari Kamis, 27 Juli 2023. Kegiatan diikuti oleh siswa dokter kecil dan perwakilan siswa dari kelas 4, 5, dan 6, serta guru pendamping. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemaparan materi mengenai pengertian dan prinsip dari UKS. Selanjutnya dilakukan penjelasan mengenai siapa saja yang terlibat dalam mengoptimalkan UKS. Kemudian, dijelaskan juga mengenai peralatan dan obat – obatan yang harus dilengkapi di ruang UKS. Materi tentang dokter kecil juga disampaikan secara singkat dengan tujuan untuk menarik minat siswa yang belum mengikuti dokter kecil. Sesi pemaparan materi diakhiri dengan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dan demonstrasi mengenai cuci tangan 6 langkah, penanganan tersedak, dan penanganan pingsan. 

Pemaparan Materi di SD Negeri Bandar 02

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan mengajak peserta kegiatan untuk ikut serta dalam membersihkan dan merapikan UKS di masing – masing sekolah. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan ruang UKS dan meningkatkan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Siswa sangat antusias dan saling membantu satu sama lain. Setelah agenda kebersihan selesai, kegiatan diakhiri dengan pemberian alat – alat kelengkapan UKS, pemberian booklet UKS dan foto bersama. 

Gotong - royong membersihkan ruang UKS

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dan warga sekolah yang lain dapat selalu meningkatkan kualitas UKS supaya menjadi semakin optimal. 

Foto bersama SD Negeri Bandar 02

Foto bersama SD Negeri Bandar 03

Penulis: Aina Nabila – Fakultas Kedokteran, Prodi Ilmu Keperawatan

DPL: 1. Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.

          2. Dr. Adi Nugroho, M.Si.

          3. Clara Yully Diana Ekaristi,S.E., M.Acc

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline