Lihat ke Halaman Asli

Aiman Witjaksono

TERVERIFIKASI

Wartawan TV

Eksklusif Menelusuri Pendemo "Jadi-jadian"!

Diperbarui: 13 Oktober 2019   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dua pekan berturut - turut, Ibu Kota dan sejumlah daerah di Indonesia dipenuhi pemberitaan soal aksi unjuk rasa. Sejumlah daerah, seperti di Yogyakarta berlangsung sangat damai. Meski di sejumlah daerah lain termasuk di Ibu Kota Jakarta, merebak kerusuhan sesaat malam hingga dini hari. Apa yang terjadi sesungguhnya?

JANGGAL DI DEMO PELAJAR

Ada sejumlah hal yang janggal terjadi, diantaranya begitu masifnya unjuk rasa para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berdasarkan data lapangan berasal dari Sekolah Kejuruan Teknik (dulu bernama STM), total berlangsung tiga hari dalam dua pekan. Saat ditanya, memang banyak dari mereka yang tidak paham benar apa yang tengah diperjuangkan.

Belakangan menjadi viral, ada dua video yang beredar, yang berlatar belakang kantor Polisi, dua orang yang menggunakan seragam SMA, dan berprofesi sebagai Petugas Keamanan (Security) dan Nelayan.

AIMAN EKSKLUSIF MENCARI ALAMAT MEREKA & AKHIRNYA BERHASIL WAWANCARA

Program AIMAN yang akan tayang malam ini di KompasTV pukul 20.00 wib, secara eksklusif, mencari dan akhirnya mendapatkan wawancara sosok yang viral di media sosial ini. Salah satunya berada dalam tahanan Polres Jakarta Utara, dan satu lainnya, saya mewawancarai sang Ibu kandungnya yang merupakan warga Tipar Cakung, Jakarta Utara.

"Saya hanya diberikan 10 ribu rupiah." Kata Widodo, salah satu pendemo "jadi - jadian" kepada saya, eksklusif.

TAK DIBAYAR HINGGA DITANGKAP POLISI!

Rupanya banyak dari mereka yang belum dibayar dan ditelantarkan, hingga sebagian diantaranya yang tak berhasil melarikan diri karena kelelahan lalu ditangkap polisi, dan membuat kasus pendemo "jadi - jadian" ini terbongkar belakangan.

Bahkan hasil penelusuran AIMAN, para pendemo jadi - jadian ini tak hanya berasal dari Jakarta. Tapi mereka dipasok dari sejumlah daerah di Jawa Barat, di Subang, Cianjur, Karawang, diantaranya.

AIMAN MENGUNGKAP LATAR BELAKANG MEREKA

Program AIMAN yang akan tayang pada 7 Oktober 2019 pukul 8 Malam di KompasTV, akan menayangkan lengkap soal ini.

Saya akan bercerita bahwa dalam program AIMAN nanti akan menggambarkan, bagaimana saya berkeliling mencari mereka. Menanyakan lingkungan terdekat mereka, apa pekerjaan mereka, dan yang paling penting, siapa latar belakang sosok yang menyuruh mereka.

Yang menarik, sang pengajak dan pemberi uang, hilang sampai sekarang, tak ada satupun yang mengetahui keberadaan bahkan latar belakang mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline